BKG

Reniatao, Rosalia Rianty (2018) Studi Karakteristik Eddy Di Perairan Selatan Jawa Menggunakan Data Citra Altimetri Dan Pengukuran Ctd. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Arus Eddy merupakan arus yang pusar yang memiliki peran penting dalam dinamika perairan laut, seperti membawa massa air dari lapisan bagian terdalam laut menuju ke permukaan, yang mampu mentranspor nutrien, zat terlarut, dan unsur-unsur kimia yang ada di laut. Arus Eddy merupakan arus yang unik karena memiliki pola arus yang berputar searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi adanya Eddy di Perairan Selatan Jawa, mengetahui struktur dan karakteristik Eddy, dan mengetahui hubungan antara tinggi muka laut, suhu, dan salinitas yang berada pada wilayah sekitar kejadian Eddy yang terjadi di Perairan Selatan Jawa. Kegiatan penelitian ini dilakukan pada bulan Juli – Oktober 2017 di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tinggi muka laut yang diambil dari web resmi marine copernicus dan data dari pengukuran CTD yang didapatkan dari survei RV MIRAI JAMSTEC. Waktu kedua data tersebut diambil pada tanggal 01 – 10 Januari 2016. Data yang digunakan dari pengukuran CTD yaitu data suhu dan salinitas. Pengolahan data tinggi muka laut menggunakan perangkat lunak Ocean Data View (ODV) 4. Pengolahan data CTD dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak (software) Microsoft Excel 2013, Ocean Data View (ODV) 4, dan PAleontological STatistics (PAST) 3.0. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data tinggi muka laut berupa peta wilayah Perairan Selatan Jawa, dimana terdapat beberapa informasi seperti jumlah kejadian Eddy, tipe, ukuran diameter, titik pusat Eddy, dan tinggi muka laut pada titik pusat Eddy. Hasil pada pengolahan data CTD berupa grafik sebaran suhu dan salinitas secara vertikal, dan profil sebaran suhu dan salinitas secara melintang atau cross section. Eddy yang terbentuk di Perairan Selatan Jawa selama waktu pengamatan terdapat 2 (dua) tipe yaitu siklonik dan antiskiklonik dengan titik pusat, jumlah kejadian, ukuran diameter, dan tinggi muka laut yang berbeda. Nilai suhu pada Perairan Selatan Jawa yang dekat dengan daerah pantai memiliki nilai yang lebih hangat dan salinitas yang lebih rendah.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/332/051805592
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology > 551.463 Waves
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12557
Text
Rosalia Rianty Reniatao.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item