Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan Pada Kambing Boer Menggunakan Semen Cair Dengan Pengencer Air Kelapa Hijau Muda (Cocos Viridis)

Pratama, Yoga (2018) Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan Pada Kambing Boer Menggunakan Semen Cair Dengan Pengencer Air Kelapa Hijau Muda (Cocos Viridis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inseminasi Buatan (IB) merupakan salah satu teknologi di bidang reproduksi yang berhasil meningkatkan perbaikan mutu genetik ternak. Semen cair merupakan alternatif dalam program IB, karena pada penggunaan semen cair mampu menghasilkan tingkat kebuntingan yang lebih tinggi dibandingkan dengan semen beku. IB menggunakan semen cair membutuhkan pengencer yang mampu mempertahankan kualitas, memberikan nutrisi pada spermatozoa, serta harganya relatif murah dan mudah didapatkan. Air kelapa hijau muda merupakan salah satu bahan pengencer alternatif yang mudah didapatkan karena banyak tersedia di lingkungan sekitar dan mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi bagi kehidupan spermatozoa. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Agriranch Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada 10 Oktober sampai 20 Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan inseminasi buatan menggunakan semen cair dengan pengencer air kelapa hijau muda berdasarkan Conception Rate dan Non Return Rate pada kambing boer di CV. Agriranch Karang Ploso, Kabupaten Malang. Materi penelitian yang digunakan adalah 30 ekor kambing betina Boer yang diinseminasi dengan semen cair yang diproses di Laboratorim Lapang Sumber Sekar, Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode experimental dengan membandingkan antara IB semen cair dengan pengencer tris aminomethan dan IB semen cair dengan pengencer air kelapa hijau muda. Variabel yang diukur adalah conception rate dan non return rate. Hasil penelitian menunjukkan persentase NRR1 IB semen cair dengan pengencer tris aminomethan dan IB semen cair dengan pengencer air kelapa hijau muda pada kambing Boer berturut-turut yaitu: 73,33% dan 93,33%. Persentase NRR2 IB semen cair dengan pengencer tris aminomethan dan IB semen cair dengan pengencer air kelapa hijau muda pada kambing Boer berturut-turut yaitu: 66,67% dan 93,33%. Persentase CR pada kambing Boer dengan inseminasi buatan menggunakan semen cair dengan pengencer tris aminomethan dan semen cair dengan pengencer air kelapa hijau muda berturut-turut yaitu: 46,66% dan 40%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan inseminasi pada kambing Boer menggunakan semen cair dengan pengencer air kelapa hijau muda (c. viridis). Saran untuk penelitian ini adalah diharapkan adanya penelitian selanjutnya yang mampu mengetahui penyebab penurunan NRR terhadap CR pada pengencer air kelapa (c. viridis).

English Abstract

This study was conducted to determine and evaluate the success rate of Artificial Insemination (AI) using liquid semen with young green coconut water diluent on Boer goat. The research was carried out at CV. Agriranch Karang Ploso, Malang Regency on 10st October 2017 until 20st January 2018. The materials used were 30 heads of Boer goat which were selected purposively using some criteria, such as having calving experience, healthy, and free from any reproduction disorder. The study method used was experimental method with two treatments, P1 (Liquid Semen Tris Aminomethan + 10 % Egg Yolk) and P2 (Liquid Semen Young Green Coconut Water + 10% Egg Yolk). The observed variables were Non Return Rate1 (NRR1), Non Return Rate2 (NRR2) and Conception Rate (CR). The reaserch showed that the success rate of based on the value of NRR1 and NRR2 AI using liquid semen with young green coconut water dilution + 10% egg yolk higher than liquid semen tris aminomethan + 10% egg yolk with the NRR1 93.33% ; 73.33% while the value of NRR2 was 93.33%; 66.67%. Based on CR value of liquid semen with young green coconut water dilution + 10% egg yolk lower than liquid semen tris aminomethan + 10% egg yolk is 40%; 46.66%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/333/051805958
Uncontrolled Keywords: Liquid semen, Cocos viridis, tris aminomethan, conception rate, non return rate
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.082 Breeding > 636.082 4 Breeding and reproduction methods > 636.082 45 Artificial insemination
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:36
Last Modified: 22 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12406
[thumbnail of Yoga Pratama.pdf]
Preview
Text
Yoga Pratama.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item