Efektivitas Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis) Dalam Menghambat Pertumbuhan Candida Albicans Secara in vitro.

Prasidha, SatriaAji (2013) Efektivitas Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis) Dalam Menghambat Pertumbuhan Candida Albicans Secara in vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Candida Albicans merupakan flora normal dalam rongga mulut yang dapat bersifat patogen oppurtunistik. Ketika kondisi defisiensi lokal atau pertahanan sistemik menurun, Candida Albicans dapat berkembang biak menjadi banyak dan membuat menjadi patologis terhadap inangnya. Salah satu infeksi yang disebabkan oleh Candida Albicans pada rongga mulut adalah kandidiasis oral. Pemanfaatan bahan alam dapat dipilih sebagai salah satu alternatif yang diduga dapat digunakan sebagai pencegahan kandidiasis oral. Teh hijau banyak digunakan sebagai obat tradisional. Teh hijau memiliki kandungan kimia yaitu tannin, dimana sebagian besar komposisnya adalah Catechin. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari efektivitas ekstrak daun teh hijau (Camellia Sinensis) terhadap pertumbuhan Candida Albicans secara in vitro. Penelitian ini dilakukan menggunakan design eksperimental laboratoris yaitu, True Experiment-Post Only Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jamur Candida Albicans yang dikultur oleh Laboratorium Mikrobiologi Universitas Brawijaya Malang. Sampel kemudian dibiakkan dan diberi ekstrak daun teh hijau dengan konsentrasi 25%, 27%, 29%, 31%, 33%, 35% kemudian diinkubasi selama 24 jam lalu dihitung jumlah pertumbuhan koloni yang ada. Hasil dari penelitian didapatkan Minimum Fungicidal Concentration (MFC) dari ekstrak daun teh hijau adalah 35%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun teh hijau dapat menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans secara in vitro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/289/051304524
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 May 2013 14:50
Last Modified: 02 May 2013 14:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123568
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item