Hubungan Tingkat Pengetahuan Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Tingkat Kemandirian Pasangan Suami Istri Dalam Merawat Anak Pertama Di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang.

Agustin, Dian (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Tingkat Kemandirian Pasangan Suami Istri Dalam Merawat Anak Pertama Di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merawat bayi baru lahir merupakan suatu tindakan merawat dan memelihara kesehatan bayi dalam bidang preventif dan kuratif. Kemandirian adalah hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan merawat bayi baru lahir dengan tingkat kemandirian pasangan suami istri dalam merawat anak pertama di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dan mengambil sampel 49 responden (pasangan suami istri) yang dilakukan secara acak. Variabel yang diukur meliputi tingkat pengetahuan merawat bayi baru lahir dan tingkat kemandirian pasangan suami istri dalam merawat anaknya. Pengukuran tingkat pengetahuan dan tingkat kemandirian dilakukan menggunakan kuesioner. Dari analisis data menggunakan uji korelasi Spearman diperoleh nilai pvalue= 0,006 dengan menggunakan α =0,05. Dengan koefisiensi korelasi yang positif mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan merawat bayi baru lahir dengan tingkat kemandirian pasangan suami istri dalam merawat anak pertamanya. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut dengan memperluas populasi, memperbaiki instrument penelitian dan metode pengambilan data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/8/051204799
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Dec 2012 09:06
Last Modified: 19 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123371
[thumbnail of TA_Dian_Agustin_(0810723020).pdf]
Preview
Text
TA_Dian_Agustin_(0810723020).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item