Sistem Ijon Dalam Penyewaan Tanah Kas Daerah (Studi Kasus Pada Petani Penyewa Tanah Kas Daerah Yang Terlibat Sistem Ijon Dengan Tengkulak Di Kelurahan Kenep Kecamatan Sukoharjo)

Wahyono, Adi (2017) Sistem Ijon Dalam Penyewaan Tanah Kas Daerah (Studi Kasus Pada Petani Penyewa Tanah Kas Daerah Yang Terlibat Sistem Ijon Dengan Tengkulak Di Kelurahan Kenep Kecamatan Sukoharjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitiasn ini membahas mengenai petani penyewa tanah kas desa yang terlibat sistem ijon dengan tengkulak. Penyewaan tanah kas desa yang pada dasarnya bertujuan untuk memeratakan kesejahteraan warga Keleruhan Kenep dengan penyewaan tanah kas desa yang berwujud lahan persawahan dalam penerapanya terjadi sistem ijon. Sistem ijon dalam pelaksanaanya dilihat sebagai sesuatu yang merugikan bagi petani karena adanya itervensi dalam penerapan sistem ini dengan penentuan harga dan penentuan jumlah hasil panenan hanya berdasarkan spekulasi tengkulak. Penelitian ini menggunakan pilihan rasional dari Coleman sebagai karangka analisisnya. Penelitian ini memilih untuk menggunakan teori pilihan rasional karena dianggap relevan dengan permasalahan yang sedang diteliti peneliti. Pilihan rasional memberikan tujuan pada aktor, aktor dilihat sebagai pengambilan keputusan atas dirinya dalam mencapai tujuanya. Aktor dan sumber daya dalam pilihan rasional menjadi dua hal terpenting dalam mencapai tujuan dari sang aktor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatifdengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dandokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa petani penyewa tanah kas desa yang terlibat sistem ijon dengan tengkulak adalah berupa tindakan yang dilakukan oleh aktor untuk encapai tujuanya berupa bisa mendapatkan tanah kas desa. Modal menjadi faktor pertama munculnya sistem ijon dengan terjadinya hutang piutang antar petani dengan tengkulak dan akhirnya tetap ada samai saat ini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/65/051701361
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:24
Last Modified: 22 Oct 2021 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123184
[thumbnail of SKRIPSI_-_Adi_Wahyono_-125120107111040.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_Adi_Wahyono_-125120107111040.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item