Strategi Komunikasi “Kolaborasi Komunitas Ngalam” (Kokon) Untuk Memunculkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Malang Green City

Wicaksono, AchmadDzuhriArif (2016) Strategi Komunikasi “Kolaborasi Komunitas Ngalam” (Kokon) Untuk Memunculkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Malang Green City. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malang Green City adalah sebuah program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mendukung pelaksanaan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) dari Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen-PU). Terdapat delapan atribut Kota Hijau dalam pelaksanaan program Malang Green City, salah satunya adalah aspek green community. Implementasi aspek green community dilaksanakan oleh dinas-dinas terkait seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Malang salah satunya dengan menggandeng Kolaborasi Komunitas Ngalam (KOKON) untuk memunculkan partisipasi masyarakat terhadap program tersebut, karena selain ada keterlibatan komunitas, peran masyarakat juga dibutuhkan untuk pelaksanaan aspek green community. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi yang digunakan KOKON untuk memunculkan partisipasi masyarakat. Penelitian yang dilakukan di Kota Malang ini menggunakan pendekatan konstruktivis dengan metodologi kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semistruktur karena dengan metode wawancara ini peneliti tetap bisa menggali data sedetail mungkin dengan pedoman wawancara, namun bisa menanyakan hal lain sesuai dengan situasi dan kondisi wawancara. Peneliti menggunakan teknik pemilihan informan snowball sampling untuk menentukan siapa yang akan diwawancarai, selain itu peneliti juga menggunakan observasi partisipan dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman yang melewati tiga tahapan analisis (reduksi data, kategorisasi, dan penarikan kesimpulan), serta peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. ii Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa KOKON melakukan beberapa strategi komunikasi untuk memunculkan partisipasi masyarakat terhadap program Malang Green City, dengan menonjolkan metode komunikasi persuasif. Strategi komunikasi menurut Effendy (2007, h.35-39) disusun lewat beberapa tahap, yaitu menentukan sasaran, tujuan, media komunikasi, serta memperkuat peran KOKON sebagai komunikator. Strategi komunikasi yang dilakukan KOKON adalah melalui event, namun strategi komunikasi tersebut masih menemui beberapa kendala, didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada masyarakat yang masih pasif ketika ada event yang dilakukan KOKON. Namun, sudah banyak masyarakat yang aktif untuk berpatisipasi menyukseskan program Malang Green City dengan mengikuti event yang diadakan KOKON.

English Abstract

Malang Green City is a program of the Malang city government to support the implementation of Green City Development Program (P2KH) from Ministry of Public Works (Kemen-PU). There are eight attributes in Malang Green City program, one of them is green community aspect. Implementation aspects of green community carried out by the relevant agencies such as the Department of Hygiene and (DKP) and Development Planning Agency (Bappeda) Malang one of them by cooperating with the Community Collaboration Ngalam (KOKON) to raise public participation in the program, in addition to the involvement of the community, the communitys role is also needed for the implementation of green community aspect. The purpose of this research is to discover the communication strategy of KOKON to raise public participation. This research was conducted in Malang by using a constructivist approach to qualitative methodology. While the data collection methods used in this study were semi- structured interviews with informants selection techniques using snowball sampling, participatory observation, and documentation. Results were analyzed by using interactive data analysis stages from Miles and Huberman, as well as researcher used triangulation to examine the validity of the data. The research results showed that KOKON used several communication strategies to raise public participation towards Malang Green City Program, to highlight the persuasive communication method. The research results showed that KOKON used several communication strategies to raise public participation towards Malang Green City Program, to highlight the persuasive communication method. The communication strategy was formulated through several stages, namely determining objectives, goals, iv communication media, as well as strengthening the role of KOKON as a communicator. The communication strategy was still encountering some obstacles, the results showed that there are people who still passive. However, many people have actively participated in the success of Malang Green City program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2016/116/ 051602612
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Mar 2016 14:04
Last Modified: 28 Mar 2016 14:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121986
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item