Sistem penunjang keputusan deteksi dini banjir secara real time menggunakan data longger berbasis GSM (Global System for Mobile Communications)

Dachlan, Harry Soekotjo and Suhartanto, Ery and Soebroto, Arief Andy and Kusuma, Indah and Mashari, Imam (2011) Sistem penunjang keputusan deteksi dini banjir secara real time menggunakan data longger berbasis GSM (Global System for Mobile Communications). Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat-Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Bencana banjir masih teRjadi secara rutin dan terus-menerus di Indonesia. Untuk itu, penelitian ini merupakan upaya penekanan jumlah kerugian dari bencana banjir. penanggulangan banjir, dan penekanan biaya yang dikeluarkan untuk alat-alat pemantau yang telah dibuat sebelumnya. penelitian ini merupakan penelitian di bidang teknologi informasi, yang berupaya untuk menggunakan kemajuan dan kecepatan teknologi terkini yang dikenal oleh masyarakat umum. penelitian ini akan menghasilkan sebuah sistem penunjang keputusan deteksi dini bahaya banjir secara real time menggunakan data logger berbasis Global System for Mobile Communications (GSM). pada tahun pertama, hasil penelitian berupa perancangan sistem. hasil perancangan untuk menguji secara fungsional sebelum dilakukan prototiping lebih lanjut Sistem ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu (1) perangkat keras dan (2) perangkat lunak. pada tahun kedua, hasil penelitian berupa prototipe sistem. hasil prototipe dipergunakan untuk model produksi masal. perangkat keras adalah sebuah stasiun pemantau kondisi daerah aliran sungai yang memiliki modul- modul sensor yang terhubungi dengan datalogger berbasis GSM. modui-modul sensor akan memantau tiga parameter sungai, yaitu modul sensor ultrasonic yang memantau level air sungai, modul sensor pH untuk mengukur pH air sungai dan sensor suhu dan kelembaban (humidity) yang memonitor kondisi cuaca sungai. hasil deteksi dari tiap modul dikumpulkan oleh datalogger dan kemudian data tersebut akan dikirim ke stasiun master melalui SMS Gateway. masyarakat umum pun dapat meminta atau mendapat SMS data kondisi sungai dari handphone.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/363.349 3/SIS/s/2011/021300064
Uncontrolled Keywords: Datalongger,sensor,GSM,deteksi,bahaya banjir,FEWS
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.3 Other aspects of public safety > 363.34 Disasters > 363.349 Specific kinds of disasters > 363.349 3 Floods
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:05
Last Modified: 19 Sep 2018 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12107
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item