Pengaruh Corporate Governance Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015),

Putra, AgungSantoso (2017) Pengaruh Corporate Governance Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance terhadap profitabilitas perusahaan. Corporate governance dalam penelitian ini diproksikan dengan proporsi dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajeril, dan kepemilikan institusional. Profitabilitas perusahaan diukur dengan Return on Equity (ROE) dan Return on Asset (ROA). Jenis Penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Teknik pemilihan sample yaitu menggunakan purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data sekuder berupa laporan tahunan dan laporang keuangan perusahaan yng diperoleh dari BEI untuk perusahaan perbankan tahun 2013-2015. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara simultan variabel proporsi dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajeril, dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap ROA namun tidak terhadap ROE; (2) proporsi dewan komisaris independen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROE dan ROA; (3) komite audit tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ROE dan ROA; (4) kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ROE dan ROA; (5) kepemilikan institusional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROE dan ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/345/051704672
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jun 2017 11:28
Last Modified: 19 Jun 2017 11:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119652
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item