Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Daihatsu (Studi Pada Konsumen Kendaraan Daihatsu Di Pt. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer M

MochammedRafiz, Fadhil (2016) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Daihatsu (Studi Pada Konsumen Kendaraan Daihatsu Di Pt. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empirik (1) pengaruh variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi dan variabel psikologis secara simultan terhadap keputusan pembelian produk mobil merek Daihatsu (2) pengaruh variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi dan variabel psikologis secara parsial terhadap keputusan pembelian produk mobil merek Daihatsu (3) di antara variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi dan variabel psikologis yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mobil merek Daihatsu. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 orang responden pada konsumen PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), dan psikologis (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama - sama terhadap Keputusan pembelian hal ini dibuktikan dengan hasil nilai F hitung sebesar 35,258 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (2) Variabel budaya memiliki nilai probabilitas (Sig.) lebih kecil dari 0,05 (0,0028 < 0,05), sedangkan variabel sosial memiliki nilai probabilitas (Sig.) (0,019 < 0,05), variabel pribadi memilik nilaii probabilitas (Sig.) (0,008 < 0,05) dan variabel psikologis memiliki nilai probabilitas (Sig.) (0,016 < 0,05). Berdasarkan pada hasil uji t test maka dapat disimpulkan bahwa variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (3) Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel pribadi mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel pribadi mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Dengan demikian, sebaiknya PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan secara pribadi, karena variabel pribadi mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Keputusan pembelian.

English Abstract

This study aimed to get empirical evidence (1) the influence of cultural variables, social variables, private variables and psychological variables simultaneously on product purchasing decisions car brand Daihatsu (2) the effect of cultural variables, social variables, private variables and psychological variables partially on decision Daihatsu car brand product purchases (3) of the cultural variables, social variables, private variables and psychological variables the dominant influence on product purchasing decisions Daihatsu car brand. Research type used are explanatory research (explanatory research) with quantitative approach. The sample used in this study were 100 respondents to the consumer PT. Jolo Abadi Daihatsu Authorized Dealer. The sampling technique was accidental sampling. Data collection method used was a questionnaire method. Analysis of the data used is descriptive analysis and inference. The results showed that (1) the cultural variables (X1), social variables (X2), personal variables (X3), and psychological variable (X4) have significant influence together - equal to the purchase decision this is evidenced by the results calculated F value of 35.258 and the significant value of 0.000 (2) cultural variables have a probability value (Sig.) is less than 0.05 (0.0028 <0.05), while social variables has a probability value (Sig.) (0.019 <0.05), nilaii choose a private variable probability (Sig.) (0.008 <0.05) and psychological variables has a probability value (Sig.) (0.016 <0.05). Based on the results of t test it can be concluded that the variables of cultural, social, personal, and psychological have partial significant influence on purchase decisions (3) Based on the results of the t test showed that private variable has a value t and beta coefficients are greatest. So that private variables have the strongest influence compared to other variables. Accordingly, PT. Jolo Abadi Daihatsu Authorized Dealers should maintain and improve service to customers personally, because the private variables have dominant influence in influencing the purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/986/051612127
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 28 Nov 2016 10:03
Last Modified: 19 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119365
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran-1.pdf]
Preview
Text
Lampiran-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item