Perilaku Pemustaka Dalam Pemanfaatan E-resource Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang.

Sulistyaningsih (2016) Perilaku Pemustaka Dalam Pemanfaatan E-resource Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan tekhnologi informasi seperti yang ada di dalam Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 pasal 12. Perpustakaan yang terus mengalami perkembangan yaitu perpustakaan perguruan tinggi baik PTN maupun PTS. Di Malang salah satu PTS yang telah mengalami perkembangan yaitu Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang dimana koleksi tidak hanya berupa koleksi cetak, namun juga sudah tersedia dalam bentuk elektronik (e-resource). Ini dilakukan perpustakaan untuk dapat dimanfaatkan oleh pemustaka yang sedang membutuhkan informasi yang cepat, tepat dan mudah. Rata-rata pemustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang sebanyak 346/hari, sehingga ada beragam perilaku pemustaka dalam pemanfaatan e-resource untuk memenuhi kebutuhan informasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. Variabel independen yang peneliti gunakan ada 3 yaitu variabel perilaku pemustaka, variabel pemanfaatan, dan Variabel kebutuhan informasi dengan total pertanyaan sebanyak 17 item. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert dengan skor 1-5. Tekhnik pengumpulan data ada beberapa cara diantaranya terdiri dari sumber data (primer dan sekunder) dan metode pengumpulan data (wawancara, observasi, kuesioner atau angket). Sampel yang digunakan sebanyak 100 pemustaka/responden. Analisis data menggunakan analisis diskriptif. Dari 100 kuesioner menghasilkan data yang telah diolah yaitu variabel perilaku pemustaka, variabel pemanfaatan dan variabel kebutuhan informasi sudah cukup baik berada pada kisaran hasil tertinggi 41-60%. Faktor pendukung pemanfaatan e-resource ini adalah pemustaka lebih cepat dalam menemukan informasi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan informasi daripada meminjam dalam bentuk cetak yang ada di ruang baca fakultas karena syarat peminjaman yang sulit. Namun ada juga faktor penghambat yaitu komputer yang disediakan kurang banyak, waktu akses yang sangat terbatas, komputer yang tersedia sering error sehingga pemanfaatannya kurang maksimal. Pihak perpustakaan seharusnya menambah jumlah komputer serta waktu akses minimal 2 jam. Apabila pihak perpustakaan masih belum memungkinkan untuk menambahkan komputer, sebisa mungkin pihak perpustakaan harus segera memperbaiki komputer yang error.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/708/051609056
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Oct 2016 13:07
Last Modified: 18 Oct 2021 15:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119061
[thumbnail of SKRIPSI_SULISTYANINGSIH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SULISTYANINGSIH.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item