Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kediri).

Puspitasari,, Desy (2016) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja pegawai. Pada dasarnya, terdapat beberapa faktor atau variabel yang dapat mempengaruhi motivasi kerja pegawai. Namun terdapat dua faktor atau variabel yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu gaya kepemimpinan (X1) dan budaya organisasi (X2). Suatu organisasi publik memerlukan gaya kepemimpinan yang tepat dan budaya organisasi yang kuat untuk menciptakan motivasi kerja yang tinggi pada diri pegawai dalam berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja pegawai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory dengan metode kuantitatif. Metode penentuan sampel didasarkan pada teknik sampling jenuh, sehingga didapatkan 53 responden yang terdiri dari seluruh pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala Likert dengan 4 alternatif pilihan jawaban. Uji Instrumen penelitian terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Uji Asumsi Klasik terdiri dari Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas dan Uji Heterokedatisitas. Analisis Data, terdiri dari Analisis Deskriptif, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Regresi Linier Sederhana dan Uji Koefisien Determinasi. Uji Hipotesis meliputi: Uji F (Simultan) dan Uji t (Parsial). Hasil Uji Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan terhadap motivasi kerja pegawai. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 27,240 > 3,182 dan signifikansi F sebesar 0,000 < α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, terdapat juga pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara parsial terhadap motivasi kerja pegawai yang dibuktikan dengan thitung untuk variabel gaya kepemimpinan yaitu thitung > ttabel atau 6,472 > 1,65728 dan selanjutnya nilai thitung untuk variabel budaya organisasi yaitu thitung > ttabel atau 6,282 > 1,65728 dan signifikansi t sebesar 0,000 < α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. vi Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap budaya organisasi. Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri hendaknya menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat dan menciptakan budaya organisasi yang kuat agar tercipta motivasi kerja pegawai untuk berprestasi. Apabila diterapkan gaya kepemimpinan yang tepat dan budaya organisasi yang kuat maka motivasi yang dimiliki oleh pegawai untuk berprestasi akan mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/288/051605583
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 15:37
Last Modified: 02 Dec 2021 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118592
[thumbnail of SKRIPSI DESY PUSPITASARI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI DESY PUSPITASARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item