Analisis Penerapan Faktur Pajak Elektronik Sebagai Upaya Mencegah Penerbitan Faktur Pajak Fiktif (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng),

Atikasari, Nisrina (2016) Analisis Penerapan Faktur Pajak Elektronik Sebagai Upaya Mencegah Penerbitan Faktur Pajak Fiktif (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah dalam rangka mensejahterakan rakyat. Mekanisme Pajak Pertambahan Nilai dalam pengkreditan pajak masukan terhadap pajak keluaran yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak membuat faktur pajak mempunyai peran yang sangat strategis dalam penggunaannya, sehingga pada pelaksanaannya masih banyak persoalan perpajakan yang muncul terutama yang bersumber dari Wajib Pajak yang memanfaatkan faktur pajak dengan menerbitkan faktur pajak fiktif guna meminimalkan hutang pajaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Faktur Pajak Elektronik pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng dan hambatan serta cara mengatasi hambatan dalam penerapan Faktur Pajak Elektronik pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng sebagai upaya mencegah penerbitan faktur pajak fiktif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Peneliti memfokuskan pembahasan mengenai penerapan Faktur Pajak Elektronik melalui langkah penerapan dalam upaya mencegah penerbitan faktur pajak fiktif serta hambatan dan cara mengatasi hambatan dalam penerapan Faktur Pajak Elektronik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi langsung partisipan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah bahwa Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng sudah baik dalam menerapkan Faktur Pajak Elektronik, hal itu terbukti dengan hasil yang signifikan dalam hal mencegah penerbitan faktur pajak fiktif yang dilakukan oleh Wajib Pajak. Hambatan yang muncul adalah tingkat kemampuan dan kelalaian Pengusaha Kena Pajak, ketergantungan pada sistem serta koneksi jaringan internet dan fasilitas komputer Pengusaha Kena Pajak yang kurang memadai, sedangkan alternatif cara untuk mengatasi hambatan yang muncul adalah membuka kelas pelatihan pengoperasian Faktur Pajak Elektronik, meningkatkan kualitas jaringan sistem informasi dan menghimbau kepada Pengusaha Kena Pajak untuk memperbarui atau melakukan update komputer. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah perbaikan sistem dan peningkatan kemampuan Pengusaha Kena Pajak dalam pengoperasian Faktur Pajak Elektronik harus dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng dalam rangka mencapai keberhasilan dalam menerapkan Faktur Pajak Elektronik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/280/051605575
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 11:40
Last Modified: 19 Jul 2016 11:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118584
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item