Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pemustaka Pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang,

Kristanto, Anggriawan (2015) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pemustaka Pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu lembaga pelayanan publik yang bergerak di dalam bidang pelayanan informasi merupakan perpustakaan. Perpustakaan sebagai lembaga pelayanan publik harus melakukan tugasnya dengan baik dengan memperhatikan kebutuhan serta kepuasan para pemustaka. Kepuasan para pemustaka merupakan salah satu masalah umum yang dihadapi oleh perpustakaan dalam memberikan layanan kepada para pemustaka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pemustaka pada Kantor Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang, dimana faktor – faktor tersebut terdiri dari variabel Affect of Service, Library as Place, dan Information Control. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, dokumentasi dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji regresi linier berganda pada penelitian ini menunjukkan persamaan Y = 2,156 + 0,332X1 + 0,099X2 + 0,269X3. Sedangkan hasil uji F menunjukkan angka 32,726 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pemustaka. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Affect of Service, dan Information Control, sedangkan variabel Library as Place tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang dalam meningkatkan perpustakaannya sebaiknya lebih meningkatkan pembenahan mengenai sumber daya manusia khususnya sikap dan etika para petugas perpustakaan maupun para pustakawannya. Meningkatkan kualitas dari sarana, prasarana perpustakaan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi dari perpustakaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/143/051604205
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2016 13:45
Last Modified: 30 Jun 2016 13:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118432
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item