Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang),

Mahdi, MRahmatMuntazar, (2015) Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya perusahaan untuk memberikan dukungan terhadap karyawan diantaranya dengan memperhatikan kebijakan pemberian kompensasi dan upaya untuk menciptakan kepuasan kerja karyawan. Kompensasi sangat penting bagi karyawan maupun pemilik perusahaan, hal tersebut dikarenakan dengan adanya pemberian kompensasi yang diberikan oleh perusahaan bagi seorang karyawan merupakan sumber penghasilan dalam rangka mencukupi kebutuhan karyawan sehingga kepuasan kerja dapat terbentuk sehingga upaya untuk memaksimalkan kinerja karyawan dapat terbentuk dengan sendirinya. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk menjelaskan kondisi kompensasi finansial, kompensasi non finansial, kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan 2) Untuk menjelaskan pengaruh kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan 3) Untuk menjelaskan pengaruh kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan dan 3) Untuk menjelaskan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang yaitu sebanyak 72 karyawan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling sehingga dapat ditentukan jumlah responden sebanyak 42 karyawan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata variabel kompensasi finansial sebesar 4.02 menunjukkan bahwa kompensasi finansial yang diterima oleh karyawandinyatakan dalam kategori baik. Rata-rata variabel kompensasi non finansial sebesar 3.82 menunjukkan bahwa kompensasi non finansial yang diterima oleh karyawandinyatakan dalam kategori baik. Variabel kepuasan kerja karyawan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.92 menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawandinyatakan dalam kategori baik dan kinerja karyawan sebesar 3.73 menunjukkan bahwa kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dinyatakan dalam kategori baik. 2) Terdapatpengaruh positif dan signifikan kompensasi finansial terhadapkinerja karyawan. 3) Terdapatpengaruh positif dan signifikan kompensasi non finansial terhadapkinerja karyawan. Oleh karena itu semakin tinggi kompensasi non finansial cenderung dapat meningkatkan kinerja karyawan. 4) Terdapatpengaruh positif dan signifikan kepuasan kerjaterhadapkinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/732/051508121
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Nov 2015 11:22
Last Modified: 24 Nov 2015 11:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117818
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item