Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sosialisasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provi

NurMurdliatin (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sosialisasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan tingginya kontribusi Pajak Daerah sebagai sumber pendapatan dalam Pendapatan Asli Daerah, meningkatnya jumlah wajib pajak kendaraan bermotor mulai tahun 2012 hingga 2014 dan adanya tunggakan pajak kendaraan bermotor. Peningkatan penerimaan pajak dapat dipengaruhi oleh kepatuhan wajib pajak. Kepatuhan wajib pajak merupakan gambaran tingkatan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Wajib pajak yang patuh dapat diketahui berdasarkan pemenuhan kewajiban perpajakannya yang diukur melalui aspek yuridis, aspek psikologis dan aspek sosiologis, sedangkan kepatuhan wajib pajak tersebut dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan yang diberikan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Malang Kota serta pengetahuan perpajakan dari wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak baik secara bersama-sama maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah termasuk wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar pada UPT Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Malang Kota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan dan pengetahuan perpajakan berpengaruh secara bersama-sama maupun parsial dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan kualitas pelayanan yang baik, sosialisasi perpajakan yang tepat dan pengetahuan perpajakan yang tinggi dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor UPT Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Malang Kota. Variabel pengetahuan perpajakan merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/562/051507308
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Oct 2015 14:56
Last Modified: 07 Oct 2015 14:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117631
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item