Pengaruh Biaya Kepatuhan, Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di UPT Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Malang Kota)

MohArdiantoRE (2015) Pengaruh Biaya Kepatuhan, Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di UPT Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari semakin meningkatnya jumlah wajib pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya, namun besarnya potensi yang ada tersebut tidak didampingi dengan kepatuhan wajib pajaknya. Kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Malang Kota terbilang masih rendah. Kepatuhan wajib pajak yang rendah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya antara lain adalah biaya kepatuhan, sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh biaya kepatuhan, sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak secara parsial maupun simultan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di UPT Dinas Pendapatan Jawa Timur Malang Kota. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di UPT Dinas Pendapatan Jawa Timur Malang Kota. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebesar 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling method Hasil penelitian ini menunjukkan variabel biaya kepatuhan, sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak baik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Lebih lanjut lagi biaya kepatuhan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk instansi terkait dalam hal ini UPT Dinas Pendapatan Jawa Timur Malang Kota adalah diharapkan dapat melakukan pembenahan teknologi dan sistem administrasi perpajakan yang lebih memudahkan wajib pajak, dapat meningkatkan pengenaan sanksi pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku serta instansi terkait diharapkan dapat meningkatkan pegetahuan serta pemahaman wajib pajak sehingga akan timbul kesadaran dari diri wajib pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/558/051507304
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 06 Oct 2015 15:27
Last Modified: 06 Oct 2015 15:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117626
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item