BKG

Sari, Klisna Wulan (2018) Kadar Metallothionein (Mt) Pada Lambung Tiram Crassostrea Glomerata Di Pesisir Pantai Selatan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pencemaran lingkungan pesisir dan laut dapat diakibatkan oleh limbah buangan kegiatan di daratan (landbased pollution), maupun kegiatan atau aktifitas di lautan (sea-based pollution). Logam berat merupakan unsur yang dianggap sebagai penyebab pencemaran air dan dapat membahayakan kehidupan organisme serta efeknya secara tidak langsung dapat merugikan kesehatan manusia. Untuk mengatasi persoalan tersebut, telah dilakukan untuk mengukur kadar logam berat pada organ tiram dengan menggunakan metode Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (ELISA). Penelitian dilakukan sejak 24 Februari 2018 sampai 1 Maret 2018 pada 3 stasiun di pesisir pantai Selatan Jawa Timur. Stasiun 1 berkolasi di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang. Stasiun 2 berlokasi di Pantai Indah Popoh, Kabupaten Tulungagung dan Stasiun 3 berlokasi di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kandungan logam berat Pb, Cd dan Hg pada Lambung Crasostrea glomerata serta hubungannya terhadap kadar metallothionein. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data berupa data lapangan, wawancara, partisipasi langsung serta studi literatur. Terdapat 3 parameter logam berat yang diukur, yaitu Pb, Cd dan Hg. Pengukuran kadar logam berat dilakukan di Laboratorium Kimia Analitik Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Selain itu, terdapat 4 parameter kualitas air Suhu, pH, Salinitas dan DO yang diukur secara langsung pada 3 stasiun pengamatan di pantai Selatan Jawa Timur. Pengukuran kadar metallothionein dilakukan pada laboratorium Fisiologi dan Ilmu Faal di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dengan menggunakan metode Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (ELISA). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil rata-rata kadar logam berat pada lambung tiram Crasostrea glomerata pada stasiun 1, yaitu Pb 0,0663 ppm, Cd 0,0275 ppm dan Hg 0,056 ppm. Pada stasiun 2, kadar Pb 0,058 ppm, Cd 0,0285 ppm dan Hg 0,0405 ppm. Pada stasiun 3, kadar Pb 0,151 ppm, Cd 0,0425 ppm dan Hg 0,048 ppm. Rata-rata hasil kadar metallothionein pada lambung tiram Crasostrea glomerata pada stasiun 1 adalah 0,29 ng/ml, stasiun 2 adalah 0,39 ng/ml dan stasiun 3 adalah 0,45 ng/ml. Hasil pengukuran pada lambung Crassostrea glomerata di 3 stasiun penelitian dengan menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan bahwa logam berat (Pb, Cd dan Hg) berpengaruh kuat terhadap peningkatan kadar metallothionein pada lambung tiram Crassostrea glomerata dengan kisaran nilai koefisien korelasi (r) berada diantara 0,732 – 0,899 ng/ml. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kondisi perairan di pantai Selatan Jawa Timur masih tergolong baik, namun membutuhkan pengelolaan lebih lanjut oleh stakeholder yang terkait di kawasan tersebut agar kualitas perairannya tidak menurun.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/244/051804623
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.627 Water Pollution (Effect on natural ecology)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11762
Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item