Pengelolaan Modal Kerja yang Efektif Untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus pada Perusahaan Karya Abdi Malang Periode 2012-2014),

Agustina, VayyaDesy (2015) Pengelolaan Modal Kerja yang Efektif Untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus pada Perusahaan Karya Abdi Malang Periode 2012-2014),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan dituntut untuk bisa mengelola modal kerja agar mampu membiayai kegiatan operasionalnya sehari-hari. Ketidakmampuan perusahaan dalam mengelola modal kerja, terutama perusahaan industri, dikhawatirkan akan menghambat kinerja perusahaan mengingat perusahaan industri berproduksi secara terus-menerus sehingga membutuhkan dana yang cukup untuk beroperasi. Permasalahan utama yang dihadapi perusahaan apabila pengelolaan modal kerjanya tidak terlaksana dengan baik adalah modal kerja tidak mampu berputar secara otimal sehingga berdampak terhadap penurunan kinerja dan profitabilitas yang diperoleh oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja yang dilakukan oleh Perusahaan Karya Abdi Malang selama tiga tahun terakhir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelititian dilakukan di Perusahaan Karya Abdi Malang yang berlokasi di Jalan Pahlawan 346 Balearjosari Malang dengan mengambil data primer dan sekunder dari perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Perusahaan Karya Abdi Malang selama tahun 2012-2014 mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari rasio Receivable Turnover yang mengalami penurunan sehingga menyebabkan waktu pengumpulan piutang lebih lambat dari standar waktu maksimal yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Begitu pula dengan Net Working Capital Turnover yang mengalami penurunan selama tiga tahun tersebut. Ini menandakan bahwa perusahaan belum mampu mengelola modal kerjanya secara efektif sehingga berdampak terhadap penurunan tingkat profitabilitas pada tahun 2014 yang terlihat dari perhitungan rasio GPM, OPM, NPM, ROI, dan ROE. Berdasarkan analisis terkait upaya peningkatan efektivitas pengelolaan modal kerja perusahaan untuk tahun 2015 dapat diketahui bahwa kinerja perusahaan semakin meningkat. Upaya perusahaan dalam memperbaiki kebijakan pengumpulan piutang berdampak terhadap waktu pengumpulan piutang yang semakin cepat sehingga dana yang dimiliki dapat berputar secara optimal sehingga mampu meningkatkan perputaran modal kerja dalam satu tahun tersebut. Perpuataran modal kerja yang semakin optimal tersebut berhasil meningkatkan tingkat profitablitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/363/051505165
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2015 14:28
Last Modified: 01 Oct 2015 14:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117408
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item