Pendidikan Keterampilan Vokasional Bagi Penyandang Tunanetra Dalam Menghadapi Dunia Kerja (Suatu Studi Di Smalb-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta Dan Smalb-A Bhakti Luhur Malang

Handayani, Retno (2015) Pendidikan Keterampilan Vokasional Bagi Penyandang Tunanetra Dalam Menghadapi Dunia Kerja (Suatu Studi Di Smalb-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta Dan Smalb-A Bhakti Luhur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas permasalahan sulitnya penyandang disabilitas khususnya penyandang tunanetra dalam menghadapi dunia kerja karena kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan yang dimiliki penyandang tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut melalui pelaksanaan pendidikan keterampilan vokasional di SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta dan SMALB-A Bhakti Luhur Malang sebagai bekal peserta didik penyandang tunanetra dalam menghadapi dunia kerja. Serta faktor pendukung dan faktor penghambat internal maupun eksternal dalam pelaksanaan pendidikan keterampilan vokasional tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sumber daya manusia bagi penyandang tunanetra dalam menghadapi dunia kerja dapat dilakukan melalui jalur pendidikan. Pelaksanaan pendidikan bagi penyandang tunanetra terdiri atas 40%- 50% aspek akademik dan 60%-50% aspek keterampilan vokasional. Pendidikan keterampilan vokasional bagi penyandang tunanetra di SMALB-A Pembina Jakarta meliputi keterampilan musik, maasage, komputer, dan anyaman serta bercocok tanam, sedangkan SMALB-A Bhakti Luhur Malang terdiri dari keterampilan musik, pijat, dan komputer. Faktor pendukung internal dan eksternal SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta yaitu tenaga pengajar, peserta didik, kenyamanan lingkungan sekolah, pihak luar sekolah dan orangtua peserta didik sedangkan SMALB-A Bhakti Luhur Malang peserta didik, kenyamanan di lingkungan sekolah, dan pihak luar sekolah. Faktor penghambat internal dan eksternal SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta suasana hati, penerimaan di masyarakat dan aksesabilitas. Sedangkan SMALB-A Bhakti Luhur Malang tenaga pengajar, suasana hati, dan penerimaan di masyarakat. Saran yang diberikan dalam penelitian ini bagi SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta menambahkan bentuk pendidikan keterampilan vokasional, menyediakan asrama khusus, dan adanya kerjasama antara pemerintah, sekolah dan pengusaha untuk menampung lulusan penyandang tunanetra di dunia kerja. Bagi SMALB-A Bhakti Luhur Malang penambahan tenaga pengajar terutama yang berlatar belakang pendidikan luar biasa maupun bersertifikasi, menyediakan ruang khusus dalam setiap kegiatan keterampilan vokasional khususnya musik, dan perlunya kerjasama antar sekolah, pemerintah dan pengusaha untuk menampung lulusan penyandang tunanetra di dalam dunia kerja.

English Abstract

The research is based on difficulty of people with disability escpecially people with visual impairment in facing working life because a lack of public trust towards capability owned by people with visual impairment. This research attempts to answer the problem through the implementation of vocational education skill in SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta and SMALB-A Bhakti Luhur Malang as guide for people with visual impairment in facing working life. Supporting factor and inhibitor factor internal and external in implementation of vocational education skill. This research uses the qualitative method. Data collection is conducted using interview, observation, and documentation techniques. Data analysis is conducted using the Miles and Huberman interactive model, focuesing on the analysis as the continuing process from the data collection and conclusion-making. The results show that human resource development for people with visual impairment in facing working life can be done through the education. Implementation of vocational education skill for people with visual impairment consists of 40 % -50 % academic aspect and 60 % -50 % vocational skill aspect. Vocational education skill for people with visual impairment at SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta covering music skill, massage, computer, webbiing skill and farming. While in SMALB-A Bhakti Luhur Malang consist of music skill, massage, and computer. Internal and external supporting factors in SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta is teachers, students, school environment and parents of students, while in SMALB-A Bhakti Luhur Malang is school environment and certain parties from outside the school. Internal and external inhibitor factor in SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta consist of mood, acceptance of public, and accessability. Meanwhile in SMALB-A Bhakti Luhur Malang consist of teachers, mood and acceptance of public. Advice given in this reasearch for SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta adding the form of education vocational skill, provide a special dorm then cooperation between government, school, and private to accomodate graduates people with visual impairment in working life. Meanwhile for SMALB-A Bhakti Luhur Malang addition teacher especially having special educational background and certified, providing special space in any vocational skill activity especially in music class. And also cooperation between school, private, and government to accomodate graduates people with visual impairment in working life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/121/ 051502653
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Apr 2015 09:32
Last Modified: 08 Apr 2015 09:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117145
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item