BKG

Mulyanto, Muhammad (2018) Analisa Pencemaran Perairan Berdasarkan Komunitas Makrozoobenthos Di Sungai Metro, Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Sungai metro merupakan salah satu sungai yang melintasi wilayah kabupaten Malang dimana daerah aliran sungai metro sering dimanfaatkan masyarakat untuk keperluan pemukiman, pertanian dan industri. Ekosistem sungai merupakan habitat bagi makrozoobenthos yang keberadaannya di pengaruhi oleh lingkungan sekitarnya terutama pencemaran dari sekitar aliran sungai metro. Makrozoobenthos merupakan salah satu organisme yang sangat peka terhadap perubahan lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini untuk mengetahui tingkat pencemaran sungai metro berdasarkan komunitas makrozoobenthos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perubahan struktur makrozoobenthos akibat dari pencemaran lingkungan di sekitar aliran sungai metro. Penelitian ini dilaksanakan disungai metro, Kota Malang Provinsi Jawa Timur serta Laboratorium Hidrobiologi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian ini dilaksanakan mulai januari sampai dengan febuari 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di 4 stasiun dengan 4 kali pengulangan. Makrozoobenthos yang di dapat tersebut kemudian di identifikasi kemudian di analisa kepadatan relatif, kepadatan jenis, indeks keanekaragaman dan indeks dominasi. Selain itu dilakukan pengukuran kualitas air dengan parameter suhu, kecepatan arus, tipe substrat, pH, DO, kesadahan, Total organic matter dan ammonia. Nilai rata-rata kualitas air pada semua stasiun penelitian di sungai metro, untuk suhu berkisar 25,2 oC

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/195/051804350
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.627 Water Pollution (Effect on natural ecology)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11702
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download | Preview
Text
BAB I.pdf

Download | Preview
Text
BAB II.pdf

Download | Preview
Text
BAB III.pdf

Download | Preview
Text
BAB IV.pdf

Download | Preview
Text
BAB V.pdf

Download | Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item