Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian, (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang

Febiana, Dina (2014) Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian, (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli; (2) pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian; dan (3) pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 114 orang responden yang merupakan pengunjung yang melakukan pembelian di Biker’s Resto dan Cafe Jl. Terusan Dieng No. 46 Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Y1) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,603 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,164 dan tingkat signifikansi 0,021 (p<0,05); (3) variabel minat beli (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,701 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak perusahaan Biker’s resto dan cafe dapat mempertahankan serta meningkatkan, diantaranya dengan menambah inovasi jenis makanan dan minuman, lebih memperbaiki pelayanan yang cepat, memperhatikan kebersihan tempat sehingga keputusan pembelian akan meningkat dan loyal dalam mengkonsumsi sajian-sajian di Biker’s Resto dan Cafe.

English Abstract

This research aims to: (1) investigate the influence of word of mouth on purchase intention; (2) investigate the influence of word of mouth on purchase decision; (3) investigate the influence of purchase intention on purchase decision. The research method used in this study is explanatory research with quantitative approach. The total sample is 114 respondents who are visitors who make a purchase at Bikers Resto and Cafe Jl. Terusan Dieng No. 46 City of Malang. The sampling technique used is simple random sampling with questionnaires as the instrument for collecting the data. Analysis of the data in this research uses descriptive analysis and path analysis. The results of this research show that: (1) word of mouth (X) has influence on purchase intention (Y1) with path coefficient (β) is 0,603 and the level of significance is 0,000 (p<0,05); (2) word of mouth (X) has influence on purchase decision (Y2) with path coefficient (β) of 0,164 and the level of significance is 0,021 (p<0,05); (3) purchase intention (Y1) has influence on purchase decision (Y2) with path coefficient (β) value of 0,701 and the level of significance is 0,000 (p<0,05). Based on this research, then suggested the restaurant and cafe bikers companies can maintain and improve, such as by adding innovation foods and beverages, more rapid repair service, attention to cleanliness of the place that will increase purchasing decisions and loyalty in the Presence consuming Bikers Resto and Cafe.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/645/051407698
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Nov 2014 07:33
Last Modified: 23 Oct 2021 05:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116774
[thumbnail of PDF_FULL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PDF_FULL_SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_&_SUMMARY_DINA.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_&_SUMMARY_DINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item