Dinamika Perumusan Kebijakan Perubahan Dari Pertanian Konvensional Ke Agropolitan (Studi Kasus di Kota Batu).

Nurhidayah, Mochamad Rizka (2014) Dinamika Perumusan Kebijakan Perubahan Dari Pertanian Konvensional Ke Agropolitan (Studi Kasus di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah utama yang menjadi pembahasan di Skripsi ini adalah bagaimana Perkembangan Agropolitan di Kota Batu dengan melihat Perumusan Kebijakan khususnya mengenai Agropolitan. Latar belakang yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana potensi pertanian di Indonesia khususnya di Kota Batu bisa semakin meningkat dan bisa dijaga kelestarian lingkungannya. Karena sesuai dengan UU No 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang bahwasannya perlu ada pelestarian lingkungan hidup khususnya Agropolitan. Namun dalam kenyataannya Agropolitan di Indonesia khususnya di Kota Batu masih belum berjalan sebagaimana mestinya, banyak masalah yang menjadi pemicu hal tersebut, diantaranya kurang meratanya pendistribusian peralatan dan sarana dan prasarana guna menunjang keberlangsungan Kebijakan Agropolitan di Kota Batu. selain itu, tingkat pendidikan di Kota Batu yang masih di jenjang Sekolah Dasar. Sehingga ketika kebijakan tersebut berjalan banyak yang tidak paham mengenai kebijakan tersebut karena pola pemikiran mereka yang masih tradisional, dan tidak jarang pula yang menolak atau tidak setuju dengan Kebijakan Agropolitan tersebut karena mereka menganggap pemerintah Kota Batu masih belum bisa menepati janjinya. Berdasarkan masalah dan implikasi dari masalah yang ditimbulkan tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Sumber Data yang digunakan adalah Sumber Data primer yang didapat dari wawancara secara intensif/mendalam dengan para responden dan Sumber Data Sekunder yang didapat dari observasi, dokumentasi dan data-data lain yang mendukung penelitian tersebut. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan teknik analisa data miliki Miles and Hubberman yang melalui 4 tahap, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Untuk Situs Penelitian yang peneliti pilih adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Pertanian dan Kehutanan, dan Desa Gunungsari dan Desa Sidomulyo Kota Batu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah banyaknya masyarakat Kota Batu yang tidak memahami apa itu Kebijakan Agropolitan, karena tingkat pemahaman dan pendidikan masyarakat yang kurang. Selain itu, kurang tepat waktunya pemerintah Kota Batu dalam memberikan pelatihan dan workshop, walaupun ada pelatihan dan workshop-worshop pemerintah Kota Batu kurang memberikan evaluasi dan kontrol mengenai keberlanjutannya sehingga masyarakat banyak menjalankan sistem pertaniannya secara mandiri. Sehingga mengakibatkan masyarakat banyak yang menolak untuk bergabung dalam Kebijakan Agropolitan. Solusi tentang hasil penemuan di lapangan mengenai Kebijakan Agropolitan ini adalah perlu adanya kontrol dan evaluasi tentang pelatihan dan workshop guna mendukung Kebijakan Agropolitan. Selain itu, mendistribusikan sarana dan prasarana secara merata tanpa adanya umbar janji dari pemerintah Kota Batu.

English Abstract

The Main problem of working through in this thesis is how the Development Agropolitan in Batu with see the Formulation Policy, Especially about Agropolitan. The background of this research is how potention of agriculture in Indonesia especially in Batu can be increased and can be maintain of everlasting Environmental. Because according to the law number 26/2007 about National lay out, in this law truly indeed everlasting Environmental especially Agropolitan. But truly Agropolitan in Indonesia especially in Batu still have not walking as like as much, many problem become the trigger, is not spread evenly the distribution of instruments and infrastructures to keep the sustainability from Agropolitan policy in Batu. Otherwise, Education grade in Batu still have in Elementary school. So. When this policy operation many people have not understand about the policy, because the minded of many people still traditional, so not rarely refuse with Agropolitan policy, because they think the Government still can not keep the promises. According the problem and implication appear, so researcher use Descriptive with Qualitative approach. The main data is from Primer data who get from in deep interview with all respondences and secunder dara is get from observation, documentation, and another data can support this thesis. In Analysis Data, researcher use Miles and Hubberman analysis with four Phases, is Recording Data, Reduction Data, Presentation Data and Drawing the Conclusion. For the sites This thesis is take in BAPPEDA, DPRD, DISTANHUT, Gunungsari Village and Sidomulyo Village in Batu. The conclusion from this research is many people in Batu who is not understand what is Agropolitan Policy, because the grade of comprehension is not good. After that, the government is not on time if give the exercises and workshop-workshop, if government operate this exercises and workshop-workshop still not have give the evaluation and control about the sustainability until the society operate the agriculture system in a stand alone. Because This problem can influence society or people to push away the policy especially join to inside in the policy. So the solution of the result about Agropolitan policy is need the control and evaluation about exercises and workshop to advocate this policy. After that, the distribution of Infrastructures and equipments must be spread evenly without let loose the promise from government.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/480/051406837
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Agropolitan, Perumusan Kebijakan, Reaksi Masyarakat; Agropolitan Policy, Formulation Policy, Reaction from society
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.34 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Oct 2014 09:04
Last Modified: 17 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116594
[thumbnail of Moch.Rizka_Nurhidayah_(0910310084).pdf]
Preview
Text
Moch.Rizka_Nurhidayah_(0910310084).pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Moch.Rizka_Nurhidayah_(0910310084)_2.pdf]
Preview
Text
Moch.Rizka_Nurhidayah_(0910310084)_2.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item