Heat Shock Protein Pada Ikan Kerapu Cantang Yang Terinfeksi Viral Nervous Necrosis Pada Kolam Pemeliharaan Dengan Treatment Spirulina Platensis, Nannochloropsis Oculata, Dan Chlorella Vulgaris

Agustina, Amanda (2018) Heat Shock Protein Pada Ikan Kerapu Cantang Yang Terinfeksi Viral Nervous Necrosis Pada Kolam Pemeliharaan Dengan Treatment Spirulina Platensis, Nannochloropsis Oculata, Dan Chlorella Vulgaris. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan kerapu (Cromileptes altivelis) merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, mempunyai harga yang mahal dan juga komoditas ekspor. Keunggulan pada ikan kerapu memiliki pertumbuhan yang cepat dan dapat diproduksi masal untuk melayani permintaan pasar. Untuk memenuhi permintaan pasar terhadap ikan kerapu cantang, perlu adanya manajemen pemeliharaan yang baik. Manajemen pemeliharaan tidak sesuai dengan kadar optimum untuk pertumbuhan ikan kerapu dapat memicu terjadinya stres pada ikan yang berkaitan dengan sistem kekebalan dalam tubuh ikan untuk mempertahankan diri terhadap serangan penyakit. Penyakit yang berbahaya bagi ikan kerapu adalah Viral Nervous Necrosis (VNN). VNN sangat mudah menyerang benih ikan kerapu. Salah satu respon pertahanan tubuh akibat adanya faktor pemicu tersebut adalah sel tubuh akan memproduksi antigen tertentu seperti Heat Shock Protein (HSP). HSP adalah protein stress yang dapat timbul pada semua jenis sel. Pada saat sel mengalami stress maka HSP akan mengalami peningkatan ekspresi karena HSP berusaha melindungi sel agar tidak terjadi perubahan struktur protein. Guna mengantisipasi hal tersebut, diperlukan pakan alami yang berkualitas dan mencukupi kadar nutrisi yang mencukupi seperti Nannochloropsis oculata, Spirulina plantesis, dan Chlorella vulgaris.. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Heat shock pada Ikan Kerapu VNN yang diberi perlakuan pakan alami N. oculata, S. Plantesis, dan C. vulgaris. Dan parameter pendukung meliputi kandungan protein yang digunakan untuk meningkatkan sistem imun sebagai pengembangan manajemen kesehatan ikan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis infeksi Viral Nerveous Necrosis (VNN) pada ikan kerapu dengan menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction), analisis histopatologi organ ikan kerapu untuk mengetahui ekspresi Heat Shock Protein (HSP), dan analisis data kualitas air dilakukan dengan membandingkan data kualitas air yang diteliti dengan nilai optimal parameter kualitas air untuk budidaya ikan kerapu. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan ekspresi HSP pada ikan kerapu yang dideteksi melalui imunohistokimia dengan treatment N. oculata menunjukkan prosentasi heatshock sebesar 52,0%, pada treatment C. vulgaris ekspresi heatshock sebesar 58,0%, dan pada treatment S. platensis sebesar 64,5%. Pada histologi ditemukannya kerusakan jaringan pada organ otak dan mata berupa vakuola, nekrosis dan hemoragi dengan tingkat kerusakan yang cukup parah. Sedangkan secara keseluruhan, pengamatan parameter kualitas air seperti Oksigen terlarut, Salinitas, pH pada treatment Nannochloropsis oculata (N. oculata), Spirulina Platensis, Dan Chlorella vulgaris masih dalam kondisi yang normal sedangkan pada parameter suhu mengalami vii fluktuasi, akan tetapi masih dalam batas yang mampu ditolerir oleh ikan kerapu cantang.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/182/051804337
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.7 Perciformes > 597.73 Basses and related fishes > 597.736 Serranidae (Sea basses)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:19
Last Modified: 24 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11606
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (589kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item