Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Sebagai Corporate Social Responsibility Pabrik Gula Djombang Baru Terhadap Masyarakat Sekitar (Studi pada Warga Griya Indah Jombang Kabupaten Jombang),

Jundi (2012) Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Sebagai Corporate Social Responsibility Pabrik Gula Djombang Baru Terhadap Masyarakat Sekitar (Studi pada Warga Griya Indah Jombang Kabupaten Jombang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Kemitraan Program Bina Lingkungan bentuknya adalah hibah. Tujuannya adalah untuk memberdayakan dan mengembangkan kondisi sosial masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah usaha perusahaan. Dalam implementasinya, program ini berbentuk charity dan social investment . Program charity diberikan kepada masyarakat sebagai bentuk kedermawanan perusahaan. Sedangkan program social investment diberikan perusahaan untuk menjaga keberlanjutan usaha dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar lingkungan usaha. Baik Program Kemitraan maupun Program Bina Lingkungan, kedua program tersebut sumber dananya berasal dari penyisihan laba bersih perusahaan yang nilainya maksimal masing-masing program yaitu sebesar 2% (dua persen). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pabrik Gula Djombang Baru terhadap masyarakat sekitar, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pabrik Gula Djombang Baru terhadap masyarakat sekitar, dan menganalisis dampak penerimaan program kemitraan dan bina lingkungan sebagai corporate social responsibility. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis masalah. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Pabrik Gula Djombang Baru sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah melaksanakan pertanggungjawaban sosial perusahaan dalam bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program Kemitraan yang dilakukan oleh Perseroan adalah memberikan bantuan berupa pinjaman modal kerja dan pembinaan. Sedangkan Bina Lingkungan adalah program bantuan yang bersifat charity, diberikan Perseroan kepada masyarakat melalui enam fokus program bantuan yaitu program pembangunan bencana alam, program pendidikan dan bencana alam, program peningkatan kesehatan masyarakat, program pembangunan sarana umum, program pembangunan sarana ibadah, program pelestarian lingkungan. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pabrik Gula Djombang Baru terhadap masyarakat sekitar yaitu adanya dukungan dari dukungan stakeholder antara lain dari pengelola perusahaan, para pemegang saham, pemerintah serta masyarakat yang menjadi mitra binaan. Dampak program program kemitraaan dan bidang lingkungan Pabrik Gula Djombang Baru yaitu memberikan kemanfaatan secara ekonomi, sosial, dan ekologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/424/051203513
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2012 15:01
Last Modified: 22 Oct 2021 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115540
[thumbnail of 051203513.pdf]
Preview
Text
051203513.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item