Penerapan Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil Menengah ( Ukm ) Dalam Meningkatkan Pengendalian Manajemen Kredit (Studi Pada Pt. Bprs Bumi Rinjani Malang )

Priambodo,SandhiEko (2012) Penerapan Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil Menengah ( Ukm ) Dalam Meningkatkan Pengendalian Manajemen Kredit (Studi Pada Pt. Bprs Bumi Rinjani Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan, menganalisis, dan mengitepretasikan pelaksanaan sistem pemberian kredit UKM dalam meningkatkan pengendalian manajemen kredit pada PT.Bank Perkreditan akyat Syariah Bumi Rinjani. Karena hal yang dirasa sangat penting oleh peneliti dalam pengelolaan organisasi atau lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang usaha pemberian kredit adalah mengenai sistem akuntansi yang digunakan, terutama sistem pemberian kredit dan manajemen kreditnya. Analisis yang digunakan untuk menilai manajemen kreditnya yaitu meliputi, aspek pengendalian personel yang kompeten dan dapat dipercaya, aspek pengendalian adanya pemisahan tugas, aspek pengendalian prosedur otorisasi yang tepat, aspek pengendalian dokumen dan catatan yang memadai, aspek pengendalian kontrol fisik aktiva dan catatan, dan aspek pengendalian pemeriksaan pekerjaan secara independen. Dari hasil pembahasan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sistem pemberian kredit ukm pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani dalam meningkatkan pengendalian manajemen kredit telah dilaksanakan cukup memadai, hal itu dapat dilihat dari personel yang kompeten dan dapat dipercaya, prosedur otorisasi yang tepat, serta kontrol fisik aktiva dan catatan. Baik pada saat proses permohonan kredit, analisis kredit, penarikan kredit, dan monitoring atau pengawasan. Namun masih terdapat juga beberapa kekurangan dalam manajemen kreditnya. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perangkapan tugas antara pegawai yang melakukan pemeriksaan agunan dengan pegawai ya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/217/1201949
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 13:36
Last Modified: 22 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115321
[thumbnail of 051201949.pdf]
Preview
Text
051201949.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item