Peran Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Dalam Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia (Studi Pada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia PT Sanjaya Thanry Bahtera Kabupaten Tulungagung)

Wibisono, Erwandi (2011) Peran Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Dalam Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia (Studi Pada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia PT Sanjaya Thanry Bahtera Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya kasus yang terjadi terhadap TKI, baik itu menyangkut kasus perdata ataupun pidana. Dari banyaknya kasus yang dialami tersebut, banyak faktor yang mempengaruhi antara lain faktor dari majikan TKI, Faktor dari lemahnya Perlindungan TKI di luar negeri sertaa faktor kualitas dari TKI itu sendiri. Dari beberapa faktor diatas, penelitian ini menyoroti terkait faktor kualitas TKI. Dalam hal kualitas TKI, pihak yang paling bertanggungjawab adalah PJTKI yang memberangkatkan TKI bekerja ke luar negeri. Berdasarkan Kepmenakertrans Nomor 104 A/MEN/2002 pasal 4 ayat 1, PJTKI bertanggung jawab atas proses peningkatan kualitas sebelum diberangkatkan. Dari keputusan menteri diatas, maka dalam penelitian ini fokus kami teliti yaitu : peran PJTKI secara umum, strategi yang dilakukan PJTKI untuk meningkatkan kualitas TKI, serta faktor penghambat dan pendukung nya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasanya PJTKI yang kami teliti ( PT.Sanjaya Thanry Bahtera ), peran yang dilakukan secara umum seperti rekruitmen calon TKI, pelatihan, penempatan dan perlindungan sudah sesuai dengan Keputusan Menteri diatas. Sedangkan untuk peningkatan kualitas TKI, pelatihan yang diberikan oleh PT. Sanjaya Thanry Bahtera menggunakan berbagai metode untuk tercapainya tujuan dari pelatihan tersebut. Strategi yang digunakan PT. Sanjaya Thanry Bahtera untuk meningkatkan kualiatas TKI meliputi metode on the job training dan off the job training. Dari hasil penelitian yang kami peroleh, terdapat beberapa faktot penghambat dan faktor pendukung dalam usaha meningkatkan kualitas TKI. Diantara faktor yang menjadi penghambat adalah rendahnya kualias SDM, Kurangnya dukungan dari instansi pemerintah daerah, serta tidak meratanya potensi dari calon TKI. Sedangkan faktor yang menjadi pendukung adalah komunikasi yang baik, instruktur yang handal serta didukung oleh budaya kehidupan kerja. Agar dalam waktu kedepan TKI bisa bersaing dengan tenaga kerja asing, maka faktor-faktor yang menghambat proses peningkatan kualitas TKI harus diminimalisir, terutama dengan adanya dukungan dari berbagai pihak. Semoga, untuk waktu kedepan, ada hubungan yang baik antara instansi pemerintah dengan PJTKI agar kualitas TKI dapat bersaing, juga agar TKI merasa aman bekerja di luar negeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/304/ 051103121
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Aug 2011 08:57
Last Modified: 04 Aug 2011 08:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114923
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item