BKG

Saufika, Aldila Amalia (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Dalam Melakukan Transaksi Online Pada E-Commerce XYZ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Internet merupakan sarana elektronik yang dapat dipergunakan untuk berbagai aktivitas. Salah satu keuntungan dalam penggunaan internet adalah adanya bisnis yang dapat dilakukan secara online. Aktivitas transaksi bisnis tersebut dikenal dengan istilah e-commerce. E-commerce XYZ merupakan salah satu e-commerce yang baru berkembang di Indonesia. Tantangan bagi e-commerce XYZ sebagai ecommerce pendatang baru ialah membangun kepercayaan pelanggan sehingga menciptakan pelanggan loyal yang dapat berguna untuk keberlangsungan perusahaan. Telah ada beberapa laporan pelanggan yang merasa kecewa dengan melakukan transaksi pada situs e-commerce XYZ, hal tersebut dapat memengaruhi kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi online. Banyaknya masalah yang berkaitan dengan e-commerce menjadikan bisnis online harus mengetahui tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggan karena akan menciptakan loyalitas pelanggan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara online. Jumlah sampel yang dapat digunakan untuk analisis sebanyak 120. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan (trust) dipengaruhi oleh persepsi reputasi (perceived reputation), kualitas antarmuka pengguna (user interface quality), kualitas informasi (information quality), persepsi keamanan (perceived security), dan persepsi privasi (perceived privacy) namun persepsi ukuran (perceived size) memiliki pengaruh negatif terhadap kepercayaan. Kepercayaan pelanggan juga dibuktikan memengaruhi kepuasan pelanggan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

English Abstract

Internet can be used for various activity. One of the advantages of the internet is the existence of online business. Transaction business activity known as ecommerce. E-commerce XYZ is one of the new e-commerce in Indonesia. The challenge as a new entrant for e-commerce XYZ is to build costumer trust and create a loyal customer that can be useful for sustainability of the company. There have been several reports of customer who felt not satisfied regarding to the transaction on e-commerce XYZ, it can affect customer trust to participate and make online transaction. Issues related to e-commerce make an online business need to determine the level of customer trust and satisfaction so that customer as loyal. Data were collected using questionnaire and distributed online. From 120 usable data obtained, data were tested using linear regression analysis. The findings of this study show that perceived reputation, user interface quality, information quality, perceived security, and perceived privacy positively related to trust while perceived size negatively related to trust. Futhermore, costumer trust is positively related to satisfaction. The finding of this study also shows that loyalty is influenced by customer trust and satisfaction.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/118/051801105
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas, Regresi Linear
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.019 Psychological principles / Human-computer interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11478
Text
Bagian Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item