BKG

Ibrahim, Siti Halima Nirnawati (2018) Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Layanan E-Money Atas Hilangnya Saldo Dalam Transaksi Transportasi Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Munculnya e-money jenis Prepaid Software membawa dampak baik bagi perusahaan-perusahaan non bank sehingga dapat menerbitkan e-moneydalam layanan yang berbasis aplikasi online untuk alat pembayaran dalam bertransaksi yang mudah seperti perusahaan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa merupakan salah satu badan usaha yang mengkonsentrasikan salah satu bidang usahanya di sektor industry jasa trasnsportasi yaitu layanan ojek online berbentuk aplikasi yaitu aplikasi GO-JEK. Aplikasi tersebut terdapat fitur layanan GO-PAY berupa uang elektronik sebagai alat pembayaran. Tetapi terdapat kebijakan privasi yang dikeluarkan oleh layanan tersebut yang menimbulkan permasalahan hukum yang terjadi antara penerbit dan pengguna layana e-money. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka permasalahan hukum yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap pengguna layanan e-moneyatas hilangnya saldo dalam transaksi transportasi online tersebut.Untuk menjawab permasalahan diatas, penelitian hukum normatif menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan kasus. Bahan-bahan hukum yang diperoleh dianalisis dengan metode analisa kualitatif dan metode deduktif sehingga dapat disajikan dalam penulisan yang lebih sistematis guna menjawab isu hukum yang telah dirumuskan. Berdasarkan pembahasan, maka dapat disimpulkan. Bentuk perlindungan hukum preventif bagi pengguna layanan e-money dari kerugian hilangnya saldo dalam transaksi transpotasi online yang pertama berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen melalui perjanjian yaitu menetapkan dan memperbaharui pengaturan ketentuan penggunaan perjanjian standart atau perjanjian baku yang dibuat oleh penerbit atau sebagai penyelenggara sistem layanan e-money. Sedangkan yang kedua berdasarkan Peraturan Bank Indonesia yaitu dengan pengawasan Bank Indonesia melalui izin penyelenggaraan kegiatan e-moneyPerlindungan hukum represif bagi pengguna layanan e-money atas kerugian hilangnya saldo dalam transaksi transpotasi online yaitu penyelesaian sengketa melalui pengadilan maupun alternatif penyelesaian sengketa. Penyelesaian Sengketa melalui Pengadilan dilihat dari ketentuan-ketentuan Peraturan Bank Indonesia, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Perlindungan Konsumen melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

English Abstract

The emergence of e-money Prepaid Software types bring good impact for non-bank companies so as to publish e-money in services based online application for the means of payment in easy transactions such as PT. Applications Karya Karya Bangsa is one business entity that concentrates one field of business in the sector of transportation services industry that is ojek online service in the form of application that is GO-JEK application. The application features GO-PAY services in the form of electronic money as a means of payment. But there is a privacy policy issued by the service that creates legal issues that occur between publishers and e-money users. Based on the above background, then the legal issues that can be stated in this research is how the form of legal protection against the users of e-money services for the loss of balances in the online transportation transactions tersebut.Untuk answer the above problems, normative legal research using legislation approach, and case approach. The legal materials obtained were analyzed by qualitative analysis method and deductive method so that it can be presented in a more systematic writing to answer the legal issues that have been formulated. Based on the discussion, it can be concluded. A form of preventive legal protection for users of e-money services from loss of balance in the first online transpotation transaction under the Consumer Protection Act through an agreement that establishes and updates the terms of use of standard agreements or standard agreements made by publishers or as providers of e-money. The second is based on Bank Indonesia Regulation, which is with the supervision of Bank Indonesia through a license to organize e-money activities. Repressive legal protection for users of e-money services for loss of balance in online transpotation transactions, namely dispute settlement through courts and alternative dispute settlement. Dispute Settlement through Courts is seen from the provisions of Bank Indonesia Regulation, Electronic Information and Transaction Act, Consumer Protection Act through Consumer Dispute Settlement Agency (BPSK).

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/213/051804268
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.03 Law of public finance > 343.032 Monetary law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11465
Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item