Pengaruh Kebijakan Potongan Harga (Discount Policy) Terhadap Penjualan : studi kasus pada Hotel Tentrem Magetan

DobiYanuarWinanta (2009) Pengaruh Kebijakan Potongan Harga (Discount Policy) Terhadap Penjualan : studi kasus pada Hotel Tentrem Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perhotelan merupakan salah satu diantara sekian banyak industri pariwisata yang ada. Di dalam industri ini ada sekian banyak pesaing yang sudah berpengalaman dan jumlah ini akan terus bertambah seiring derasnya investor asing yang masuk. Hotel-hotel ini bersaing ketat untuk memperoleh tingkat hunian (occupancy) yang sesuai dengan kelas mereka masing-masing. Penghasilan utama bagi sebuah hotel sebagian besar berasal dari hasil penjualan kamar. Sebuah hotel biasanya memiliki cara khusus yang dijadikan daya penarik bagi konsumennya untuk memperoleh tingkat hunian yang tinggi. Hotel akan berupaya menarik minat konsumen agar lebih terangsang di dalam melakukan pembelian yang lebih banyak dengan cara memberikan penawaran khusus dalam hal harga sebagai nilai tambah bagi kepuasan dan daya saing lebih tinggi, salah satu upaya untuk dapat tetap mempertahankan tingkat hunian yang tinggi ini adalah dengan menerapkan kebijakan potongan harga (discount policy) . Meskipun pemberian discount policy ini akan menurunkan tingkat keuntungan semula, tetapi dengan adanya nilai tambah pada produk atau jasa tersebut diharapkan akan meningkatkan permintaan sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih besar secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan dan pengaruh variabel discount policy yang terdiri dari discount regular guest dan discount group guest terhadap volume penjualan pada Hotel Tentrem Magetan baik secara simultan maupun parsial. Serta untuk mengetahui variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan pada Hotel Tentrem Magetan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory research dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada Hotel Tentrem Magetan yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman No. 19 – 20 Magetan. Metode analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Discount policy yang terdiri dari Discount Regular Guest dan Discount Group Guest mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada Hotel Tentrem Magetan. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan regresi yang menghasilkan suatu persamaan Y= 446,073 + 3,141X1 + 3,263X2 + e. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa hipotesis pertama terbukti, yaitu adanya hubungan dan pengaruh secara simultan antara variabel discount regular guest dan discount group guest terhadap volume penjualan, ditunjukkan dengan besarnya nilai R sebesar 0,974, nilai R2 = 0,949, dan uji f menunjukkan Fhitung > Ftabel (196,159 > 3,467). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan secara serentak atau bersama-sama dari variabel Discount Regular Guest (X1) dan Discount Group Guest (X2) terhadap volume penjualan. Hipotesis kedua juga terbukti, yaitu adanya hubungan dan pengaruh secara parsial antara variabel discount regular guest dan discount group guest terhadap volume penjualan. Hasil analisis korelasi secara parsial antara variabel Discount Regular Guest (X1) terhadap volume penjualan (Y) diperoleh nilai R sebesar 0,927 dan R2 = 0,859, artinya bahwa pengaruh Discount Regular Guest terhadap volume penjualan adalah sebesar 85,9%. Uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,845 > 2,080). Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel Discount Regular Guest (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan (Y). Hasil analisis korelasi secara parsial antara variabel Discount Group Guest (X2) terhadap volume penjualan (Y) diperoleh nilai R sebesar 0,956 dan R2 = 0,913, artinya bahwa pengaruh Discount Group Guest terhadap volume penjualan adalah sebesar 91,3%. Uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel (6,070 > 2,080). Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel Discount Group Guest (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan (Y). Pengujian hipotesis ketiga tidak terbukti, karena dalam hipotesis ketiga menyatakan bahwa Discount Regular Guest yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan. Tetapi setelah dilakukan pengujian, ternyata Discount Group Guest yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap volume penjualan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Koefisien Beta terbesar yaitu sebesar 0,615.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/58/050900597
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2009 09:22
Last Modified: 21 Oct 2021 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114373
[thumbnail of 050900597.pdf] Text
050900597.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item