Analisis Implementasi Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak (SISMIOP) (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)

DianRismawan (2009) Analisis Implementasi Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak (SISMIOP) (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pelaksanaan pembangunan nasional yang bertujuan menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia dibutuhkan sumber dana. Dana tersebut diperoleh dari potensi sumber daya yang dimiliki, baik berupa hasil kekayaan alam maupun pajak yang diperoleh dari masyarakat. Pajak merupakan salah satu penyumbang penerimaan dalam negeri Indonesia yang berjumlah besar. Objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang berupa tanah mempunyai nilai yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh permintaan yang semakin tinggi, sedangkan persediaan tanah terbatas. Objek PBB lainnya yang berupa bangunan, jumlahnya akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah bangunan disebabkan bertambahnya jumlah penduduk, yang berarti bertambah pula kebutuhan akan tempat hunian.Menyadari akan banyaknya jumlah obyek pajak maupun luasnya wilayah kerja yang harus didata, maka diadakan pembentukan Basis Data yang mengacu ke pola SISMIOP (Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak). Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu merupakan salah satu instansi di bawah Direktorat Jenderal Pajak yang menangani segala macam masalah perpajakan di sebagian daerah di kota Batu. Sebagai upaya pelayanannya terhadap masyarakat, obyek pajak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) khususnya, maka di KPP Pratama Batu diterapkan SISMIOP yaitu suatu basis data yang akurat dan up to date dengan mengintegrasikan semua aktivitas administrasi PBB dalam suatu wadah, sehingga pelaksanaannya dapat lebih seragam, sederhana, cepat, dan efisien yang dikelola melalui suatu sistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu . Fokus penelitian ini adalah implementasi Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak (SISMIOP), dan kualitas sistem manajemen informasi obyek pajak dalam pelayanannya terhadap obyek pajak. Lokasi penelitian dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara yang beralamat di jalan S. Parman 100 Malang. Sumber data primer diperoleh melalui pengamatan langsung dari sumbernya, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya oleh peneliti dari KPP Pratama Batu yang menjadi obyek penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung oleh peneliti atau melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi,dan studi literatur dai buku-buku. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu mendeskripsikan sejumlah data yang berkaitan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SISMIOP pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu dipandang sebagai dukungan teknologi, dan konsep sistem perpajakan modern yang digunakan oleh KPP Pratama sebagai wujud pelayanannya terhadap wajib pajak. Selain itu KPP Pratama Batu didukung tenaga kerja yang terampil, dan pengetahuan lebih mengenai teknologi serta didukung oleh sistem informasi dan infrastruktur teknologi sebagai penunjang keberhasilannya. Maka tujuan perpajakan sebagai salah satu tonggak perekonomian bangsa dapat tercapai. Implementasi SISMIOP pada KPP Pratama Batu mendukung pelayanan kepada masyarakat (Wajib Pajak) melalui pelayananpelayanan yang ada, seperti Pelayanan Informasi via Telepon (PIT), kemudahan pembayaran pajak oleh wajib pajak yang jangkauannya jauh dari Kantor Pelayanan Pajak melalui bank-bank tertentu yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak serta pemanfaatan teknologi informasi yang baik sehingga menciptakan efektifitas dan efisiensi pelayanan dan keakuratan data dapat dipercaya. Serta wajib pajak merasakan kepuasaan dengan pelayanan yang diterapkan yang juga merupakan salah satu tujuan dari perpajakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/249/050902100
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2009 12:54
Last Modified: 19 Oct 2021 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114105
[thumbnail of 050902100.pdf]
Preview
Text
050902100.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item