Evaluasi Usability Pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability

Farouqi, Muhammad Ismail (2018) Evaluasi Usability Pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Gojek Indonesia (GO-JEK) merupakan salah satu perusahaan yang menciptakan aplikasi ojek online di Indonesia. GO-JEK telah berkembang pesat sehingga semakin banyak pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut dengan telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali. Walaupun telah diunduh lebih dari 10 juta kali namun tetap ada beberapa pengguna yang mengeluh mengenai aplikasi GO-JEK tersebut yang mengatakan akurasi GPS masih sering melenceng walaupun sinyal sudah bagus lalu, peta pada aplikasi kurang diperbaharui sehingga susah untuk memantau posisi pengemudi, dan tidak dapat memasukkan alamat yang tepat sehingga harus mengisi alamat secara manual di fitur catatan. Dari beberapa umpan balik (feedback) pengguna tersebut, aplikasi GO-JEK masih memiliki masalah yang terjadi di para penggunanya. Permasalahan tersebut merupakan bagian dari masalah usability yang ada pada aplikasi GO-JEK. Untuk itu diperlukan penggalian masalah yang lebih komprehensif agar dapat mendalami masalah-masalah yang terjadi pada pengguna aplikasi GO-JEK. Perlu diketahui juga sudah sejauh mana tingkat usability pada aplikasi GO-JEK. Tingkat usability perlu diketahui untuk menjelaskan usability pada aplikasi GO-JEK sudah berada pada tingkatan mana dari sisi pengguna. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui permasalahan usability dan tingkat usability yang ada pada aplikasi GO-JEK menggunakan metode pengujian usability. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan usability yang ada pada aplikasi GO-JEK adalah aplikasi tidak memberikan informasi kepada peserta apakah perlu mengontak pengemudi terlebih dahulu atau sebaliknya, halaman rating yang ditampilkan secara terus menerus setelah selesai perjalanan mengganggu kenyamanan peserta, peta yang ada pada aplikasi kurang detail, pilihan menu yang banyak pada halaman beranda membuat peserta menghabiskan waktu lebih banyak untuk memahami pilihan menu tersebut, bahasa yang digunakan pada aplikasi kurang dapat dipahami peserta. Selain itu hasil tingkat usability yang terdiri dari tingkat kemudahan pengguna dalam menyelesaikan tugas adalah sebesar 100%. tingkat kecepatan yang diperlukan pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan adalah sebesar 0,01 goals/sec. tingkat kesalahan yang dilakukan oleh pengguna adalah sebesar 0,1 dan tingkat kepuasan pengguna adalah sebesar 60% - 70%.

English Abstract

PT. Gojek Indonesia (GO-JEK) is one of the companies that created taxibike online application in Indonesia. GO-JEK has grown so rapidly that more and more users are using the app with more than 10 million downloads. Although it has been downloaded more than 10 million times but there are still some users who complain about the GO-JEK app that says GPS accuracy is still often off the mark even though the signal is good then, the map on the application is less updated so hard to monitor the driver's position, and can not enter the exact address so it must fill in the address manually in the note feature. From some user feedback, the GOJEK app still has a problem in its users. These problems are part of the usability problem that existed in GO-JEK applications. Therefore, we need a more comprehensive problem digging in order to deepen the problems that occur to users of the application GO-JEK. Please also note how far the level of usability in the application GO-JEK. The usability level needs to be known to explain the usability of the GO-JEK app already at what level from the user side. This study provides evaluation results to determine the usability problems and usability levels that exist in the GO-JEK application using usability testing method. The results obtained from this study indicate that the existing usability problem in the GO-JEK application is the application does not provide information to the participants whether to contact the driver first or vice versa, the rating page is displayed continuously after the trip disrupt the convenience of participants, the map on the application less detail, many menu choices on the homepage make participants spend more time understanding the menu options, the language used in the application is less understandable to the participants. In addition the results of usability level consisting of the level of ease of the user in completing the task is 100%. the level of speed required by the user in finding the required information is of 0.01 goals / sec. the user's error rate is 0.1 and the user satisfaction rate is 60% - 70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/5/051800742
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Ojek Online, GO-JEK, Usability, Pengujian Usability
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 05 Jun 2018 06:16
Last Modified: 26 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11406
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (761kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (865kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item