Analisis Perbandingan Antara Nilai Intrinsik Dengan Harga Pasar Saham Sebagai Dasar Keputusan Investasi Melalui Pendekatan Price Earning Ratio (PER). (Study Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efe

IndriaAksiomaningtiwi (2009) Analisis Perbandingan Antara Nilai Intrinsik Dengan Harga Pasar Saham Sebagai Dasar Keputusan Investasi Melalui Pendekatan Price Earning Ratio (PER). (Study Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efe. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan dalam melakukan aktifitasnya memerlukan tambahan dana yang besar untuk kegiatan operasional, pengembangan usahanya dan juga untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaannya salah satu alternatifnya adalah menjual sebagaian saham yang dikeluarkan perusahaan kepada masyarakat luas yang disebut investor. Kegiatan invetasi yaitu pembelian saham ataupun penjualan saham diatur dalam pasar modal yang dijalankan oleh lembaga – lembaga yang saling terkait, lembaga di indonesia sendiri disebut Bursa Efek Indonesia. Kegiatan investasi pada saham juga tidak terlepas dari risiko yang sangat peka terhadap perubahan faktor intern ataupun faktor ekstern, seperti terjadinya penutupan sementara Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008 dimana investor terus melakukan aksi jual saham di saat nilai saham murah, oleh karena itu pentingnya investor dapat memprediksi saham dengan tepat maka perlu dilakukan analisis terhadap harga saham yang bertujuan untuk mengetahui nilai sebenarnya dari saham yang bersangkutan atau disebut dengan nilai intrinsik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai intrinsik yang kemudian dibandingkan dengan harga pasar saham sebagai dasar keputusan investasi melalui pendekatan Price Earning Ratio (PER), sehingga dapat diketahui saham dinilai mahal atau murah. Penelitian ini melakukan studi pada perusahaan telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT Indosat Tbk dan PT Telkom Tbk untuk periode waktu penelitian tahun 2006 sampai tahun 2008. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat pada Pojok BEI Universitas Brawijaya. Teknik yang digunakan berupa pengumpalan data sekunder yang bersifat dokumen perusahaan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah analisis nilai saham pada tahun 2006 dan tahun 2007 sebagai keputusan investasi pada tahun 2007 pada PT Indosat Tbk adalah dalam kondisi underpriced sehingga keputusan investasi yang tepat diambil adalah membeli saham sedangkan pada PT Telkom Tbk menunjukkan kondisi overpriced sehingga keputusan investasi yang tepat diambil adalah menjual. Analisis nilai saham pada tahun 2006 sampai tahun 2008 sebagai keputusan investasi pada tahun 2008 pada PT Indosat Tbk adalah dalam kondisi underpriced sehingga keputusan invetasi yang diambil adalah membeli saham dan juga pada PT Telkomsel Tbk dalam kondisi underpriced sehingga keputusan investasi yang tepat adalah membeli saham. Disarankan bagi investor agar tidak terlalu terpengaruh dengan faktor ekstern yang berkaitan dengan keputusan investasi, investor sebaiknya tetap memperhatikan analisis dalam penilaian saham dengan harapan investor membeli saham pada saat kondisi underpriced atau murah dan membeli menjual saham pada saat kondisi overpriced atau mahal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/148/050901519
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2009 10:23
Last Modified: 23 Oct 2021 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113994
[thumbnail of 050901519.pdf]
Preview
Text
050901519.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item