Sistem Dan Prosedur Pembelian Dan Pengeluaran Kas Untuk Pembelian Obat Guna Mendukung Pengendalian Intern Yang Memadai : studi Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang

NoviRisviyana, (2008) Sistem Dan Prosedur Pembelian Dan Pengeluaran Kas Untuk Pembelian Obat Guna Mendukung Pengendalian Intern Yang Memadai : studi Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini diambil berdasarkan pertimbangan bahwa organisasi kesehatan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu mengingat perkembangan masyarakat yang selalu membutuhkan perawatan dan pelayanan di bidang kesehatan. Kunci pokok dari serangkaian usaha itu adalah obat-obatan. Rumah sakit sebagai salah satu organisasi kesehatan selain memberikan pelayanan bagi masyarakat juga harus memperhatikan dengan baik kegiatan pembelian obat, karena dari situ dapat diperoleh laba agar operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Mengingat kegiatan pembelian obat-obatan ini merupakan kegiatan yang vital bagi rumah sakit dan juga menyangkut dana yang cukup besar serta adanya celah-celah yang dapat dimanfaatkan untuk penyelewengan harta perusahaan, maka sangat penting bagi pihak rumah sakit untuk melakukan pengawasan pada sistem dan prosedur yang sudah ada pada kegiatan pembelian obat-obatan dan juga pengeluaran kas yang timbul akibat transaksi pembelian yang ada agar dapat mendukung pengendalian intern yang memadai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus ( Case Study ). Sumber data yang digunakan adalah data primer ( Primary Data ) dan data sekunder ( Secondary Data ). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian dilakukan analisis data yang ada. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bagian pengadaan melakukan dua fungsi yaitu fungsi penerimaan dan pembelian, bagian gudang melaksanakan fungsi penyimpanan, dan bagian akuntansi melaksanakan fungsi akuntansi. Dalam struktur organisasi, bagian kasir tidak ditunjukkan dibawah tanggung jawab bagian yang mana. Formulir dan catatan yang digunakan yaitu surat pesanan, faktur pembelian, kartu stock obat gudang farmasi, faktur internal pembelian obat, tanda terima penitipan faktur, faktur gulungan, laporan persediaan minimal obat, buku induk persediaan, buku hutang dagang obat, dan buku pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem dan prosedur pembelian obat dan pengeluaran kas yang diterapkan oleh Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang belum dapat mendukung pengendalian intern yang memadai. Ditunjukkan dengan kelemahan-kelemahan yang diakibatkan oleh perangkapan (tumpang tindih) fungsi dan beberapa kekurangan lain untuk formulir dan catatan yang dapat mendukung pengawasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/290/050802404
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2008 14:11
Last Modified: 23 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113686
[thumbnail of 050802404.pdf]
Preview
Text
050802404.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item