Analisis lingkungan perusahaan sebagai dasar perumusan strategi pemasaran produk sayur hidroponik : Studi pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya, Batu.

OcvaYopieHermanto (2007) Analisis lingkungan perusahaan sebagai dasar perumusan strategi pemasaran produk sayur hidroponik : Studi pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya, Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertimbangan terhadap faktor lingkungan merupakan suatu keharusan bagi seluruh perusahaan, bahwa untuk berhasil dalam situasi persaingan, para manajer strategik perusahaan harus mengamati keadaan di luar operasi mereka sendiri, mereka harus mempertimbangkan apa yang mungkin dilakukan pihak-pihak lain yang relevan. Dengan dilakukannya analisis terhadap lingkungan maka dengan sendirinya perusahaan dapat mengantisipasi lingkungan perusahaan sehingga dapat bereaksi secara cepat dan tepat untuk kesuksesan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab masalah dalam perusahaan yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang berwawasan lingkungan. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif yang dilakukan di PT Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya, Kota Batu. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT dan disertai dengan analisis deskriptif berdasarkan pandangan Industrial Organization, pandangan Resources Based View, dan pandangan Knowledge Based View. Berdasarkan identifikasi mengenai peluang dan ancaman pada lingkungan eksternal serta kekuatan dan kelemahan pada lingkungan internal, dapat dikatakan perusahaan pada saat ini berada pada posisi yang menguntungkan di mana peluang yang ada sangat terbuka lebar bagi perusahaan untuk memanfaatkannya dan didukung dengan kekuatan dari sumber daya internal yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan usaha. Dengan didukung posisi perusahaan yang berada pada posisi market leader pada usaha agribisnis dan berdasarkan analisis SWOT maka strategi yang tepat dilakukan oleh perusahaan adalah strategi yang agresif dengan melakukan penetrasi pasar dan lebih berorientasi pada pemantapan posisi dengan mengembangkan pasar keseluruhan dan meminimalisir adanya pesaing baru dengan melindungi bagian pasar yang ada. Berdasarkan pendekatan Industrial Organization strategi yang ditawarkan adalah strategi yang mendukung pemantapan posisi dan perluasan pasar serta untuk menjaga loyalitas pelanggan lama melalui penciptaan posisi produk menurut atribut, ciri-ciri atau manfaat bagi pelanggan. Pendekatan yang ke dua yaitu pendekatan Resources Based View, strategi yang ditawarkan oleh pendekatan untuk meraih keunggulan kompetitif perusahaan dapat memperolehnya melalui dua sumber yaitu melalui strategi dalam keunggulan biaya dan strategi dalam mendiferensiasikan produk. Pendekatan yang ke tiga yaitu pendekatan Knowledge Based View menghasilkan strategi bisnis yang mendasarkan pada penciptaan dan pengintegrasian pengetahuan serta pembelajaran terus menerus untuk menghadapi perubahan berdasarkan kapabilitas yang dimiliki oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/175/050701786
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jul 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113364
[thumbnail of Bagian_Pembuka.pdf]
Preview
Text
Bagian_Pembuka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_Isi_dan_Penutup.pdf]
Preview
Text
Bagian_Isi_dan_Penutup.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_MASTER.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MASTER.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item