Upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah [BOS] : studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo

WavyNurrohmah (2007) Upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah [BOS] : studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam rangka penuntasan Wajar 9 Tahun yang bermutu, banyak program yang telah, sedang dan akan dilakukan. Salah satu program yang diharapkan berperan besar terhadap percepatan penuntasan Wajar 9 tahun yang bermutu adalah program BOS. Krisis ekonomi dan pasca kenaikan harga BBM yang terjadi beberapa tahun lalu telah menghambat upaya penuntasan Wajar Dikdas 9 tahun. Oleh karenanya, pemerintah mengeluarkan Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM) yang diberikan dalam bentuk Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) meskipun tujuan utama program BOS adalah untuk pemerataan dan perluasan akses, program BOS juga merupakan program untuk peningkatan mutu, relevansi dan daya saing serta untuk tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa upaya-upaya pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Ponorogo melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitiannya adalah upaya yang dilakukan pemerintah daerah kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui dana BOS, faktor pendukung dan penghambat peningkatan kualitas pendidikan melalui dana BOS, hasil yang dicapai dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan melelui Dana BOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Dana Bantuan Operasional Sekolah di Kabupaten Ponorogo telah mampu membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Ponorogo. Tapi masih banyak hal yang perlu diperbaiki antara lain masalah manajemen pelaksanaan karena masih banyak hambatan baik dalam pelaksanaan maupun dengan SDM itu sendiri. Pada akhir pembahasan disimpulkan bahwa upaya pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pendidikan telah dinilai berhasil. Hal ini bisa dilihat dari angka putus sekolah yang semakin menurun serta sarana prasarana sekolah yang semakin lengkap. Tapi masih banyak hal yang perlu diperbaiki antara lain masalah manajemen pelaksanaan dan koordinasi didalamnya. Selanjutnya penulis memberikan saran agar manajemen pelaksanaannya semakin diperbaiki agar Program ini kedepannya bisa berjalan optimal dan mampu mewujudkan tujuan pemerintah daerah dalam hal peningkatan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050702755
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113290
[thumbnail of 050702755.pdf]
Preview
Text
050702755.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item