Penggunaan Balanced Scorecard Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Manajemen Perusahaan” : Studi pada PT. Gudang Garam Tbk.

AgungNugrohoKusumo (2007) Penggunaan Balanced Scorecard Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Manajemen Perusahaan” : Studi pada PT. Gudang Garam Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama ini pengukuran kinerja secara tradisional hanya menitik beratkan pada sisi keuangan. Tolok ukur keuangan yang hanya bertumpu pada kinerja masa lalu kurang mampu sepenuhnya untuk menuntun perusahaan kearah tujuan perusahaan. Akan tetapi, menilai kinerja perusahaan semata-mata dari aspek keuangan dapat menyesatkan. Kinerja keuangan yang baik pada saat ini kemungkinan dicapai dengan mengorbankan kepentingan-kepentingan jangka panjang perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem pengukuran kinerja yang mampu memberikan informasi yang dapat mengakomodasi beberapa aspek lain secara integratif baik keuangan maupun nonkeuangan. Robert S. Kaplan dan David P. Norton, memperkenalkan Balanced Scorecard sebagai suatu sistem pengukuran yang menyeimbangkan aspek keuangan dengan aspek nonkeuangan untuk mengukur kinerja manajemen perusahaan secara komprehansif. Balanced Scorecard memberikan dasar pengukuran kinerja manajemen perusahaan yang lebih komprehensif, untuk menerjemahkan visi ke dalam sasaran strategik. Sasaran-sasaran strategik yang komprehensif dapat dirusmuskan karena balanced scorecard menggunakan empat perspektif utama. Empat perspektif tersebut yaitu: perspektif keuangan ( finance ), perspektif pelanggan ( customer ), perspektif proses bisnis internal ( internal business process ), dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan ( learning and growth ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja manajemen perusahaan dalam kurun waktu 3 tahun antara tahun 2003-2005. Penelitian ini dilakukan pada PT. Gudang Garam Tbk yang beralamat di Jln. Semampir II/1 Kediri. Metode penelitian memakai penelitian deskriptif yang berguna untuk menggambarkan, mendeskripsikan fakta-fakta, objek ataupun persoalan yang terdapat pada obyek penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik dokumentasi dan kuisioner. Teknik dokumentasi dipakai dengan mempelajari data laporan keuangan,data pemasaran, data bisnis internal, dan data sumberdaya manusia perusahaan. Kuisioner digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Analisis perspektif keuangan dilakukan dengan menggunakan analisis rasio keuangan yang meliputi Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Rasio Profitabilitas. Analisis perspektif pelanggan dilakukan menggunakan pangsa pasar, volume penjualan, profitabilitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan. Analisis perspektif bisnis internal dilakukan dengan menggunakan inovasi, proses produksi dan layanan purna jual. Analisis perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan rasio produktifitas karyawan dan retensi karyawan. Hasil penelitian yang telah dilakukan memberikan kesimpulan bahwa kinerja manajemen perusahaan dalam periode penelitian yaitu tahun 2003-2005 cukup baik dari perspektif keuangan menunjukkan tingkat profitabilitas perusahaan relatif mengalami penurunan kecuali GPM yang relatif naik. Kondisi yang sama juga terjadi pada rasio likuiditas perusahaan yang relatif terus turun terutama pada rasio singkatnya, kecuali rasio lancar yang naik pada tahun 2005. Perputaran aktivitas yang relatif turun juga terjadi di periode penelitian yang tercermin pada rasio aktivitasnya. Keadaan relatif baik tercermin dari tingkat solvabilitas perusahaan yang berada dalam posisi yang wajar. Perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang menurun ini terlihat dari pangsa pasar, dan volume penjualan, sedangkan perofitabilitas mengalami sedikit kenaikan dan untuk kepuasan pelanggan sudah baik. Perspektif bisnis internal menunjukan kinerja yang baik ini terlihat dari volume penjualan, dan penjualan produk baru yang meningkat. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, kinerja sumber daya manusia berdasarkan rasio produktivitas kerja dan tingkat perputaran pekerja dapat dikatakan baik dengan kecenderungan terjadiya peningkatan nilai rasio tersebut. Dari kesimpulan yang ada, penulis memberikan saran agar perusahaan sebaiknya memaksimalkan aktiva perusahaan yang ada untuk lebih meningkatkan penjualannya. Perspektif bisnis internal untuk inovasi PT Gudang Garam Tbk diharapkan bisa menemukan suatu produk yang cocok dengan kondisi masyarakat saat ini dengan harga yang terjangkau. Untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sebiknya perusahaan mempertahankan disiplin pegawai dan meningkatkan komitmen dan profesialisme sumberdaya manusia agar menjadi perusahaan yang lebih profesional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050702131
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Aug 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113257
[thumbnail of 050702131.pdf]
Preview
Text
050702131.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item