Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Bidang Pertamanan : studi pada Dinas Pertamanan Kota Malang

RinaSubiAnggraini (2008) Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Bidang Pertamanan : studi pada Dinas Pertamanan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertamanan adalah salah satu sumber dari suatu keindahan kota, untuk itu perlu adanya pemeliharaan dan pelestarian taman secara baik dan benar untuk itu yang menjadi faktor utama dalam menjaga dan melestarikannya adalah masyarakat, walaupun sudah ada Dinas yang bertanggungjawab dalam penanganan pertamanan tersebut tanpa adanya respon atau kesadaran dari masyarakat tentang arti penting keindahan taman maka percuma saja. Melihat kondisi Pertamanan sekarang ini maka perlu adanya upaya peningkatan pelayanan yang ekstra maximal mulai dari sumber daya pegawai yang terampil, sarana dan prasarana yang memadai sangat diperlukan dalam meningkatkan pelayanan karena masih banyak sekali taman-taman yang kurang terurus. Dalam konteks negara kesatuan Republik Indonesia pelayanan kepada publik tidak hanya menjadi wewenang dari pemerintah pusat saja khususnya tetapi juga menjadi wewenang dari pemerintah daerah, bentuk pembagian wewenang diatur dalam Undang-Undang No 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan Daerah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dimana penelitian ini berusaha mengungkapkan atau mendeskripsikan keadaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan yang berawal dari sebuah fenomena atau suatu kejadian. Dalam penentuan fokus penelitian sangat berpengaruh dalam pencapaian hasil, karena fokus penelitian merupakan suatu pedoman bagi pelaksanaan penelitian. Fokus penelitian harus berdasarkan kemampuan peneliti, khususnya mengenai waktu, biaya dan pengetahuan serta dukungan aspek yang lain. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari analisis tersebut dapat digunakan sebagai masukan atau acuan bagi publik bahwa Pelayanan yang diberikan oleh Dinas tentang akuntabilitas administrasi yang dilakukan oleh Dinas Pertamanan adalah benar atau melalui proses yang ditentukan, mekanisme atau cara pengelolaan taman di bidang pembibitan dan penghijauan, bidang penerangan jalan dan dekorasi kota serta pemakaman semua itu dilaksanakan atau dikerjakan sesuai dengan aturan-aturan yang ada serta kendala-kendala apa saja yang menghambat jalannya proses pelayanan pertamanan. Namun secara keseluruhan upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertamanan sudah baik, dan masyarakat tahu bahwa pelayanan yang diberikan oleh Dinas telah dilakukan dengan benar dan dapat dinikmati manfaatnya. Dengan demikian dapat diharapkan bagi Dinas untuk menambah lagi jumlah anggaran yang dimiliki untuk kelancaran tugasnya, serta memiliki motivasi kerja yang tinggi agar upaya yang telah dilakukan dapat terus dipertahankan dan tingkatkan lagi di masa yang akan datang agar pelayanan di bidang Pertamanan yang dilakukan dapat berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/493/050700285
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2008 09:16
Last Modified: 11 Nov 2008 09:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113163
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item