BKG

RevanOrtaHardyka, (2004) Belajar kognitif dan kesadaran merek : survei pada mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Niaga tahun angkatan 2000 dan 2001 Universitas Brawijaya Malang untuk mengenali merek cologne/ pengha. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar bagian-bagian belajar kognitif secara bersama-sama mempengaruhi konsumen untuk kenal merek. Dan untuk mengetahui pada bagian belajar kognitif yang manakah yang menurut konsumen paling membuat mereka kenal akan merek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Niaga tahun angkatan 2000 dan 2001 Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dimana respondennya berjumlah 67 orang mahasiswa dan mahasiswi dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah Korelasi Berganda, Regresi Berganda dan Regresi Parsial, dengan tingkat signifikansi 0.05 dengan menggunakan program komputer SPSS 10 for windows. Dari hasil analisis diketahui bahwa semua variabel bebas yang diuji secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat, yang ditunjukkan dengan angka korelasi berganda sebesar 0,822. Angka tersebut dapat diartikan bahwa keeratan hubungannya sangat kuat sesuai dengan klasifikasi pada pedoman interpretasi koefisien korelasi. Besarnya kontribusi variabel bebas ditunjukkan dengan angka koefisien determinasi (R 2) yang disesuaikan yaitu sebesar 0,676 atau 67,6%. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kesadaran merek yaitu variabel evaluasi alternatif merek lain dengan angka koefisien regresi (b) sebesar 0,415 dan nilai t hitung sebesar 8,867. Dengan diketahui adanya pengaruh yang signifikan dari evaluasi alternatif merek lain yang berpengaruh secara dominan terhadap kesadaran merek menjelaskan bahwa untuk dapat mengendap dalam pikiran manusia tiap kesan harus memiliki sesuatu yang khusus dan mudah diingat dan oleh karenanya merek harus menempati suatu posisi khusus dalam pikiran untuk benar-benar menjadi sebuah merek.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2004/434/050700083
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: administrator repository
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113020
Text
050700083.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item