BKG

FarrochRizqiyatiMT, Sari (2017) Kewenangan Otoritas Jasa Keuangan Dalam Memberikan Sanksi Bagi Temporary Insider Di Pasar Modal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Dalam skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan hukum Kewenangan Otoritas Jasa Keuangan Dalam Memberikan Sanksi Bagi Temporary Insider Di Pasar Modal. Pemilihan tema dalam penelitian ini adalah karena aturan terkait dengan adanya kategori mengenai insider trading di pasar modal Indonesia namun tidak disertai perbedaan sanksi dan kewenangan OJK. Menarik minat peneliti untuk menjadikan bahan penelitian dikarenakan dengan adanya kategori insider trading tidak dibarengi kategori sanksi atas pelanggarannya juga. Fokus peneliti terletak pada bagaimanakah kewenangan OJK Dalam Memberikan Sanksi Bagi Temporary Insider Di Pasar Modal. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian yuridis normatif yang dimana penelitian ini memiliki fokus untuk mengkaji peraturan perundang-undangan atau dokumen terkait yang relevan untuk menjawab isu hukum dan melakukan kajian kepustakaan atau bahan sekunder berupa buku yang berkaitan dengan isu hukum mengenai pengaturan modal dasar dalam pendirian perseroan terbatas. Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan Pendekatan Analitis (analytical approach). Perundang-undangan yang ditelaah adalah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal dan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Otoritas jasa Keuangan. Dengan hasil, kewenangan OJK dalam pemberian sanksi kejahatan insider trading yang dilakukan oleh temporary insider sama dengan pemberian sanksi bagi tradisional insider. Adanya kerugian yang dialami oleh investor akibat adanya insider trading oleh temporary insider membuat pihak emiten yang mempunyai hubungan hukum dengan investor dapat dikenai vicarious liability. Hal ini dikarenakan pihak temporary insider merupakan pihak yang berada dalam ruang lingkup emiten, sehingga apabila terjadi kesalahan atau kerugian maka yang bertanggung jawab adalah emiten.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/91/051704430
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.03 Law of public finance > 343.032 Monetary law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112999
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item