Pertanggungjawaban Pidana Pemilik Akun Prostitusi Online Dalam Perspektif Cybercrime (Kajian Normatif Komparatif Kuh Pidana, Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik D

Sari, Yunia Siska Mustika (2016) Pertanggungjawaban Pidana Pemilik Akun Prostitusi Online Dalam Perspektif Cybercrime (Kajian Normatif Komparatif Kuh Pidana, Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan pertanggungjawaban pidana pemilik akun prostitusi online dalam perspektif cybercrime yang dikaji menurut tiga peraturan perundang-undangan hukum pidana positif di Indonesia. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi berdasarkan perkembangan kebutuhan manusia yang semakin bertambah, begitu pula pada jaringan informasi dan komunikasi. Akan tetapi perkembangan IPTEK tersebut membawa efek negative. Perkembangan negatif tersebut dapat dilihat dari munculnya tindak pidana berupa prostitusi secara online. Pada dasarnya sebelum terjadi perkembangan dibidang informasi dan komunikasi kegiatan prostitusi tersebut hanya dapat dilakukan dengan cara kontak langsung, tetapi karena adanya perkembangan tersebut kini kegiatan prostitusi seakan dipermudah dan dimanjakan dengan perkembangan teknologi yang ada. Kegiatan prostitusi dilakukan dengan cara mengakses situs-situs tertentu atau dengan menggunakan jaringan komunikasi tertentu. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: Apakah pemilik akun prostitusi online dapat di pertanggungjawabkan secara pidana menurut ketentuan hukum positif di Indonesia? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode normatif komparatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (Statue Approach) dan pendekatan kasus (Case Approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interpretasi sistematis gramatikal dilakukan dengan cara melihat kepada hubungan diantara aturan dalam suatu peraturan perundang-undangan yang saling bergantung. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada yakni Pasal 296 dan Pasal 506 KUHP dalam hal pembebanan pertanggungjawaban pidana tidak tepat karena berlaku untuk prostitusi secara umum saja. Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Teknologi dan Elektronik dapat digunakan tapi terdapat unsur tindak pidana yang masih kabur. Pasal 4 Jo Pasal 30 Undang-Undang No 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi sudah dapat digunakan dalam pembebanan pertanggungjawaban pidana karena unsur tindak pidana yang melekat pada tindak pidana prostitusi online telah diatur secara keseluruhan. Oleh karena itu diharapkan pihak legislatif segera merevisi Pasal yang masih memiliki kelemahan serta bagi aparat penegak hukum, tindak pidana berupa prostitusi online dapat dikenai pasal berlapis berdasarkan perundang-undangan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/203/051611531
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Nov 2016 11:50
Last Modified: 18 May 2022 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112610
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_+_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_V_+_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_-_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
COVER_-_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PN_PGP_2015_PID.B_0228_putusan.pdf]
Preview
Text
PN_PGP_2015_PID.B_0228_putusan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_-_FOTO.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_-_FOTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PN_PGP_2015_PID.B_0267_putusan.pdf]
Preview
Text
PN_PGP_2015_PID.B_0267_putusan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item