BKG

Setiawan, VickyMahendraIrsyad (2017) Preferensi Nasabah Terhadap Perusahaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional (Studi Kasus Pada Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Cabang Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Saat ini lembaga asuransi atau pertanggungan merupakan salah satu lembaga populer di tengah masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lembaga asuransi yang telah tumbuh berkembang di Indonesia. Asuransi ini mulai berkembang di Indonesia sejak zaman penjajahan belanda dan negara Indonesia pada saat itu masih bernama Nederlands Indie. Asuransi dalam terminologi hukum adalah perjanjian. Perkembangan asuransi di Indonesia menunjukkan angka kemajuan yang cukup baik. Perusahaan asuransi menunjukkan geliat pertumbuhan di dalam usaha yang mereka jalankan, yang mana semakin hari semakin banyak nasabah yang mengunakan layanan asuransi di dalam kehidupan mereka. Kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah perlindungan atas berbagai macam risiko yang bisa terjadi dan menimpa diri mereka sewaktu-waktu adalah salah satu penyebab tingginya jumlah pengguna asuransi belakangan ini. Perkembangan industri perasuransian bisa dilihat selama empat tahun belakangan ini, tepatnya tahun 2011 hingga 2014, di mana aset industri asuransi konvensional mengalami pertumbuhan rata-rata yang mencapai lebih dari 16%. Hal ini juga terlihat dari pertumbuhan rata-rata yang terjadi di dalam nilai investasi dan premi yang masing-masing mengalami peningkatan sebesar 14,4% dan juga 21,0%. Salah satunya adalah asuransi AJB Bumiputera 1912, didirikan sejak 103 tahun yang lalu AJB Bumiputera adalah asuransi Indonesia yang merupakan pelopor asuransi di Indonesia dan jauh sebelum asuransi asing masuk ke Indonesia AJB Bumiputera sudah beroperasi dan merintis menjadi asuransi jiwa nasional terbesar di Indonesia serta merupakan salah satu aset nasional. Oleh karena itu dari latar belakang di atas penulis ingin mengetahui bagaiomana preferensi nasabah AJB Bumiputera terhdap asuransi syariah dan konvensional. Untuk memperoleh hasil yang sesuai seperti dengan tujuan diatas, peneliti mengambil variabel Religiusitas, Klaim, Prosedur dan Layanan. Dan diperoleh hasil bahwa hasil positif dan signifikan pada variabel prosedur dan layanan serta diperoleh hasil negatif dan tidak signifikan pada variabel religiusitas dan klaim terhadap preferensi nasabah AJB Bumiputera pada asuransi syariah dan konvensional.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/269/051704769
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.153 Taxes, insurance, charitable donations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109557
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item