BKG

Azizah, Rizka (2017) Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Peningkatan Akses Usaha Masyarakat Di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Dan Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Peningkatan Akses Usaha Masyarakat di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi dan Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam peningkatan usaha masyarakat desa. Badan Usaha Milik Desa adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa. metode penelitian yang digunakan dalam pebelitian ini adalah deskriptif melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancra, dokumentasi, dan Focus Grup Discussion (FGD) dengan menggunakan teknis analisis data melalui deskriptif kuantitaif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran badan usaha milik desa Putukrejo dalam peningkatan akses usaha masyarakat adalah memberikan akses pelayanan publik melalui penyediaan lahan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan perekonomian, peningkatan akses permodalan usaha bagi usaha kecil. Sedangkan peran BUMDes Gondowangi dalam peningkatan akses usaha masyarakat adalah akses pelayanan publik meliputi penyediaan gudang sampah dan memberikan akses berupa jalan ke lokasi pergudangan sampah, serta memfasilitasi pengembangan akses masyarakat dalam pemasaran produk hasil usaha pada skala lokal melalui Balai Ekonomi Rakyat (BALERA).

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/216/051704179
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.17 Rural administration
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109499
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item