BKG

Brata, Agung Hadi (2017) Tata Kelola Di Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai (Studi Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Wilayah Jawa Timur I Tanjung Perak Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Masalah utama yang menjadi pokok bahasan utama dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa sejauh mana proses kinerja pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya sedang dipersiapkan untuk menjadi kantor pelayanan utama mengingat volume dan beban kerja yang berat sebagai bentuk implementasi program transformasi kelembagaan yang saat ini berada pada tahap fase menengah yaitu mencapai keunggulan operasional dalam skala besar yang didalamnya terdapat tiga pilar utama transformasi kelembagaan, yaitu : Penataan Sturktur Organisasi, Proses Bisnis dan Standar Operasional Prosedur, dan Sumber Daya Manusia. Penelitian ini menggunakan metode jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data antara lain: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa transformasi kelembagaan pada KPPBC TMP Tanjung Perak mengalami beberapa kendala, pada proses transformasi kelembagaan belum berjalan secara konsisten khususnya terdapat pada tiga pilar utama yaitu terjadinya pembengkakan golongan 3D dan 3C pada poin penataan struktur organisasi, masih banyaknya peraturan titipan dari berbagai kementrian dan lemabaga terkait LARTAS pada poin Proses bisnis dan Standar Operasional Prosedur, dan pada poin SDM belum adanya kejelasan dan pola yang pasti terkait mutasi dan pemberian reward/insentif bagi pegawai untuk optimalisasi kinerja.

English Abstract

The main problem which is become the main subject in this essay is to recognize and analyze how far the performance of Customs and Excise Type of Customs on East Java Region Surabaya Area. KPPBC Type of Customs Tanjung Perak Surabaya is prepared to being a main service office, considering the heavy volume and work load as an implementation of Institutional Transformation program which now is entering the middle phase, which is achieve the operational excellence in a big scale, which containe 3 main pillars of institutional transformation: Business process, Arrangement of Structural Organization, and Human Resources. This research is using descriptive method and qualitative approachment. Collecting data method is using: observation method, interview, and documentation. The result of this research shows that institutional transformation in KPPBC TMP Tanjung Perak has some issues. This issues particularly is inconsistency specifically on the 3 main pillars which is overload employee on 3D and 3C class on organization structure arranging. There are so many misbehave regulation from ministries and institutions related to LARTAS rules, on business process and standard operating procedures point. And, on Human Resources point, there is a lack of clear rules and pattern about mutation and rewarding or incentive to boost the performance.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/564/051706274
Uncontrolled Keywords: Transformasi Kelembagaan, Kinerja Pegawai
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration > 352.448 Customs administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1089
Text
Agung Hadi Brata.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item