Artantie, Nadira (2014) Pengaruh Komunikasi, Kepercayaan, Komitmen, dan Penyelesaian Masalah terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Debitur PD. BPR Tugu Artha Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah sebagai faktor kunci relationship marketing baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah debitur PD. BPR Tugu Artha Malang. Pada penelitian ini digunakan metode non probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel yang valid sebanyak 90 nasabah debitur. Untuk mengetahui seberapa besar perubahan variabel dependen terhadap variabel independennya digunakan analisis regresi linier berganda. Uji instrument penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji F dan uji t. Dari hasil hipotesis diketahui bahwa variabel komunikasi, kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas nasabah akan semakin meningkat jika PD. BPR Tugu Artha meningkatkan variabel-variabel relationship marketingnya yaitu komunikasi, kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah. Sedangkan dari keempat variabel independen tersebut yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah debitur PD. BPR Tugu Artha Malang adalah variabel komitmen.
English Abstract
The research was to determine the effect of communication, trust, commitment, and problem solving as a key factor of relationship marketing either partially or simultaneously on customer loyalty debtor PD. BPR Tugu Artha Malang. In this study used non-probability sampling method with a sampling technique using purposive sampling and obtained a valid sample of 90 debtors. To find out how much the dependent variable changes in the independent variables used multiple linear regression analysis. Test instrument used in this study is to test the validity and reliability testing. The classical assumption used is the normality test, multicollinearity, and heteroscedasticity test. As for the hypothesis test used the F test and t test. From the results of the hypothesis the variable communication, trust, commitment, and problem solving significantly affect either partially or simultaneously on customer loyalty. This suggests that customer loyalty will increase if the PD. BPR Tugu Artha Malang improve relationship marketing variables, that include communication, trust, commitment, and problem resolution. Meanwhile, from the four independent variables the dominant variable that influence customer loyalty debtor of PD. BPR Tugu Artha Malang is commitment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/68/051401718 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 14:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107630 |
Preview |
Text
1._COVER_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._RIWAYAT_HIDUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._DAFTAR_TABEL,_DAFTAR_GAMBAR,_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._ABSTRAKSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._ISI_SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
12._LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |