Peranan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (Lppm-Ub) Dalam Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Pada Daerah Tertinggal (Studi Kasus Pada Program Pelatihan Produk Unggu

Darmana, Arya (2013) Peranan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (Lppm-Ub) Dalam Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Pada Daerah Tertinggal (Studi Kasus Pada Program Pelatihan Produk Unggu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya dalam melakukan pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia di Desa Sukarena, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan melalui Program Produk Unggulan Kabupaten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, jenis penelitian adalah deskriptif studi kasus, sebab penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatu organisme (individu), lembaga atau gejala tertentu dengan daerah atau subjek yang sempit. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling, guna menjaring sebanyak mungkin informasi dari berbagai sumber yang benar-benar mengerti permasalahan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari tiga unsur yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya memiliki peranan dalam pengembangan masyarakat di Desa Sukarena.melalui fasilitasi dan demonstrasi, yaitu terbentuknya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Musirawas (GARDAMASMURA) dan sistem pengolahan karet terpadu pada demoplot.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/431/051308913
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Sep 2013 15:19
Last Modified: 19 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106849
[thumbnail of 051308913.pdf]
Preview
Text
051308913.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item