Hubungan Penyesuaian Diri Dengan School Well-Being Pada Mahasiswa Organisatoris

Perkasabela, Aulia Fida (2018) Hubungan Penyesuaian Diri Dengan School Well-Being Pada Mahasiswa Organisatoris. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan school well-being pada mahasiswa organisatoris. Menurut Handoko dkk. (2013) Penyesuaian diri merupakan proses belajar dari seorang individu untuk memahami, mengerti, dan berusaha melakukan apa yang diinginkan lingkungannya sehingga individu dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungannya baik keluarga, sekolah, maupun lingkungan sekitarnya. Pada mahasiswa organisatoris penyesuaian diri dengan lingkungan organisasinya merupakan hal yang harus dilakukan, padatnya agenda pada organisasi sekaligus tugas yang kuliah yang harus diselesaikan tentu akan berpengaruh pada kesejahteraan mahasiswa di kampusnya (school well-being). Penelitian ini mengambil sampel dari mahasiswa organisatoris di Universitas X dengan total sampel yang diambil sebesar 141 subyek yang dapat dikatakan mampu mempresentasikan populasi mahasiswa organisatoris di Universitas Brawijaya. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri dengan teori Schneiders dan skala school well-being dari Konu & Rimpela. Hasil dari penelitian menunjukkan signifikan dengan nilai signifikan 0,000 maka ada hubungan antara penyesuaian diri dengan school well-being pada mahasiswa organisatoris.

English Abstract

This research aims to know the relationship of conformity with the school well-being on student organisatoris. According to Handoko et al (2013) conformity is the process of learning from an individual to understand, understand, and try to do what it wants its environment so that individuals can adjust to the changes that occur in the good family, school environment, as well as the surrounding environment. On student organisatoris conformity with the environmental organization is the thing to do, the denseness of the agenda at the organisation while College tasks to be completed will certainly impact on the welfare of the students in the Campus (school well-being). The study took a sample of students at the University of organisatoris X with a total of 141 samples taken of subjects which can be said to be able to present the organisatoris student population at University of Brawijaya. Study on the sampling technique using a purposive sampling technique. Instrument in this study using self adjustment scale with the theory of Schneiders and scale school well-being of Konu & Rimpela. The result of the research shows significant significant value 0.000 then there are relationships between the adjustments themselves with school well-being on student organizator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/136/051802593
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, School Well-Being, Mahasiswa Organisatoris
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 May 2018 01:46
Last Modified: 18 Oct 2021 05:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10526
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (606kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item