Pengaruh Kepemilikan Saham Manajerial, Kepemilikan Saham Institusional, dan Kebijakan Dividen Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan : Studi Pada Perusahaan-perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Per

Mulyanawati, IkeFitri (2011) Pengaruh Kepemilikan Saham Manajerial, Kepemilikan Saham Institusional, dan Kebijakan Dividen Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan : Studi Pada Perusahaan-perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Per. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia dalam mengelola Kepemilikan Saham Manajerial, Kepemilikan Saham Institusional dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (Kepemilikan Saham Manajerial, Kepemilikan Saham Institusional dan Kebijakan Dividen) terhadap variabel terikat (Kebijakan Hutang) digunakan analisis regresi linear berganda dengan metode analisa Uji F dan Uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan, yaitu variabel Kepemilikan Saham Manajerial, Kepemilikan Saham Institusional dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 12 Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI pada periode 2007-2009. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling , dimana sampel dipilih dengan sengaja berdasarkan pertimbangan atau kriteria tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung . Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Saham Manajerial, Kepemilikan Saham Institusional dan Kebijakan Dividen secara simultan berpengaruh terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan. Secara parsial variabel Kepemilikan Saham Manajerial dan Kepemilikan Saham Institusional yang berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Hutang, sedangkan Kebijakan Dividen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan. Variabel Kepemilikan Saham Institusional merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kebijakan hutang perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/219/051101993
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 May 2011 10:14
Last Modified: 18 Oct 2021 20:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105244
[thumbnail of 051101993.pdf]
Preview
Text
051101993.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item