Pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap Timeliness dan Audit Report Lag : Studi empiris pada perusahaan publik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia

Medyastanti, Meivida (2011) Pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap Timeliness dan Audit Report Lag : Studi empiris pada perusahaan publik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh faktor internal, yaitu: profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, internal auditor dan klasifikasi industri, serta faktor eksternal, yaitu ukuran KAP dan opini audit terhadap Timeliness dan Audit Report Lag pada perusahaan publik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel menggunakan metode Purposive Sampling . Dari hasil pengolahan Regresi Logistik pada Timeliness , diketahui bahwa koefisien determinasi R 2 = 0,115. Artinya seluruh variabel independen (profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, internal auditor, klasifikasi industri, ukuran kap dan opini auditor) hanya mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen ( Timeliness ) adalah sebesar 11,5%. Sedangkan hasil Regresi Berganda pada Audit Report Lag, seluruh variabel independen (profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, internal auditor, klasifikasi industri, ukuran kap dan opini auditor) dapat menjelaskan variasi pada variabel dependennya ( Audit Report Lag ) adalah sebesar 9,2%. Faktor internal yang secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu ( timeliness ) adalah tingkat profitabilitas perusahaan dan faktor eksternal yang berpengaruh signifikan adalah ukuran KAP. Sedangkan, faktor internal yang secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap audit report lag (ARL) adalah tingkat profitabilitas perusahaan dan faktor eksternal yang berpengaruh signifikan adalah opini auditor. Hasil dari penelitian ini dapat membantu profesi akuntan publik dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses audit dengan mengendalikan faktorfaktor dominan yang menyebabkan terjadinya Timeliness dan Audit Report Lag.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/149/051101560
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 May 2011 09:00
Last Modified: 18 Oct 2021 20:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105170
[thumbnail of 051101560.pdf]
Preview
Text
051101560.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item