BKG

Riesmaviana, Nindy (2011) Pengaruh laba dan tingkat pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen : Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji perbedaan kebijakan dividen antara perusahaan tumbuh dan perusahaan tidak tumbuh, menguji pengaruh laba (ROA) dan tingkat pertumbuhan perusahaan ( growth) terhadap kebijakan dividen (DPR). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 15 perusahaan yang dipilih dari 122 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2008. Data diperoleh dari publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2009). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kebijakan dividen antara perusahaan tumbuh dan perusahaan tidak tumbuh. Perusahaan tumbuh cenderung membagi dividen lebih kecil dibandingkan perusahaan tidak tumbuh. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa laba perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen, sedangkan tingkat pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen. Semakin tinggi tingkat laba perusahaan maka semakin besar pembagian dividen, namun sebaliknya semakin tinggi tingkat pertumbuhan perusahaan semakin kecil pembagian dividen.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/112/051100854
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.04 Special topics of financial economics > 332.041 Capital
Depositing User: administrator repository
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105131
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item