Pengukuran Efektifitas Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX Versi “Valentino Rossi” Dengan Menggunakan EPIC Model : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

PermadiSandyNugroho (2010) Pengukuran Efektifitas Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX Versi “Valentino Rossi” Dengan Menggunakan EPIC Model : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penayangan Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX Versi “Valentino Rossi”, di televisi. Untuk mencapai tujuan tersebut, alat analisis yang digunakan adalah metode EPIC model. EPIC adalah salah satu model yang dikembangkan oleh AC Nielsen (salah satu perusahaan peneliti pemasaran terkemuka di dunia), model EPIC digunakan untuk mengetahui efektivitas iklan suatu produk dengan mengukur empat dimensi kritis yang ditimbulkan oleh proses penyampaian iklan kepada audiens, adapun empat dimensi tersebut ialah empathy (empati), persuasion (persuasi), impact (dampak), dan communication (komunikasi). Model EPIC mengklasifikasikan iklan ke dalam tujuh kategori, yakni iklan sangat tidak efektif sekali, iklan sangat tidak efektif, kurang efektif, iklan cukup efektif, iklan efektif, iklan sangat efektif, dan iklan sangat efektif sekali. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.. Adapun responden yang dipilih adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya dengan jumlah sampel yaitu 56 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik Non Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara kepada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya secara tidak acak. Dari hasil penelitian tentang pengukuran efektivitas Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX Versi “Valentino Rossi”, yang ditayangkan di televisi, didapatkan hasil dimensi empathy dari iklan televisi sepeda motor Yamaha Jupiter MX versi “Valentino Rossi”berada pada urutan pertama dan dapat dikatakan sangat efektif. Dimensi persuasion dari iklan sepeda motor Yamaha Jupiter MX versi “Valentino Rossi”berada pada urutan ketiga dan dapat dikatakan efektif. Dimensi impact dari iklan sepeda motor Yamaha Jupiter MX versi “Valentino Rossi”hanya berada pada urutan keempat dan masuk kategori cukup efektif. Dimensi communication dari iklan sepeda motor Yamaha Jupiter MX versi “Valentino Rossi”berada pada urutan kedua, dimensi ini juga dapat dikatakan efektif. Setelah di rata – rata kan secara keseluruhan, pengukuran efektivitas Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX Versi “Valentino Rossi”, yang ditayangkan di televisi termasuk ke dalam iklan yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/745/051100240
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2011 13:19
Last Modified: 18 Oct 2021 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105021
[thumbnail of 051100240.pdf]
Preview
Text
051100240.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item